by

Kajati Janji Tuntaskan Kasus Setda SBB

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Maluku, Rorogo Zega, berjanji untuk menuntaskan kasus dugaan korupsi Anggaran Belanja Langsung pada Sekertariat Daerah (Setda) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) tahun 2016, senilai Rp 18 miliar.

Saat ini, katanya, sudah ada beberapa kasus korupsi yang dituntaskan oleh penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku.
“Misalnya, kasus Repo, kasus Taman Kota KKT tinggal limpah di pengadilan, kasus biaya pengadaan lahan Dermaga TNI AL Tawiri dan PLTMG Namlea. Kasus-kasus ini kan sudah mau usai, sehingga ke depan penyidikan kasus Anggaran Belanja Langsung Setda SBB akan diselesaikan,” ungkap Kajati, kepada Wartawan di kantor Kejati Maluku, Selasa (13/7).

Untuk penuntasan kasus tersebut, Kejati Maluku akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait, yang melakukan perhitungan kerugian negara dalam perkara ini.

“Jadi pada prinsipnya, kita tetap selesaikan kasus-kasus yang belum diselesaikan,” tandasnya.
Sebelumnya diberitakan, penyidik hanya menunggu hasil audit kerugian keuangan negara kasus tersebut.
“Jadi Kejati sekarang lagi menunggu hasil perhitungan kerugian keuangan negara,” ungkap Kasi Penkum Kejati Maluku, Wahyudi Kareba, Minggu (27/6).

Menurut Kareba, penetapan tersangka terhadap perkara ini belum bisa dilakukan, mengingat hasil audit belum rampung. “Kalau penyidik bilang tunggu hasil audit baru tetapkan tersangka, maka itu lah wewenang mereka. Kita tidak bisa intervensi sampai sejauh itu. Karena uang 18 miliar ini nilainya fantastis,” pungkasnya. (SAD)

Comment