by

Kakanwil : Anak Adalah Mutiara Bangsa

Anak merupakan mutiara bangsa, karena merupakan jaminan keberlangsungan suatu bangsa, sehingga dilindungi oleh konstitusi. Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, Andi Nurka usai hadiri Seminar Mendengar Suara Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Ambon, Sabtu (17/7).

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), Saiful Sahri dan seluruh jajaran LPKA Ambon, tanpa terkecuali Andikpas.

Anak termasuk kelompok rentan, namun mereka adalah jaminan keberlangsungan suatu bangsa. Maka itu mereka dilindungi undang-undang, termasuk di dalamnya Andikpas yang merupakan tanggung jawab kita, terang Kakanwil.

Ia menilai, Andikpas walaupun dalam kapasitas sebagai anak yang berkonflik dengan hukum, namun pada hakikatnya mereka masih punya harapan dan masa depan yang panjang. Sehingga pembinaan yang diberikan harus dibedakan dengan narapidana pada umumnya.

Tugas kita untuk membina, mendidik, dan melatih mereka, agar masa depan mereka tetap terjamin, pesannya.

Sementara itu, Plt. Kadivpas Maluku, Saiful Sahri dalam keterangannya menjelaskan, anak mempunyai hak untuk bermain, belajar dan mengekspresikan diri. Harus diingat bahwa, dunia anak itu bermain, belajar, mengekspresikan dirinya. Dan tugas kita untuk menjamin itu, tegas Saiful.

Menurutnya, jajaran Pemasyarakatan Maluku dalam perlakuan terhadap Andikpas selalu mengedepankan asas perlindungan terhadap hak anak itu sendiri. Dan seminar berbasis website (Webinar) itu, diselengarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, dalam rangka menyongsong Hari Anak Nasional tahun 2021.

Dimana hadir sebagai pembicara dalam seminar itu, adalah Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan Menteri Hukum dan HAM RI, Yassona H Laoly.

Pemenuhan terhadap hak-hak anak merupakan kunci untuk menumbuhkan potensi terbaik dari anak itu sendiri dan negara lewat Kementerian PPPA selalu menjamin hal tersebut, terang Bintang.

Hal yang sama juga disampaikan Yasonna Laoly. Menurutnya, anak adalah anugerah Tuhan dan berhak atas pendidikan penghidupan dan masa tumbuh kembang di lingkungan yang layak. Anak adalah anugerah Tuhan, dan menjadi tanggung jawab semua orang. Siapapun dia untuk menjamin pemenuhan dan perlindungan terhadap hak-hak anak, kuncinya. (UPE).

Comment