by

Kakanwil Buka pelatihan Kemandirian di Lapas Ambon

Dukung peningkatan keterampilan dan kemampuan warga binaan, Kakanwil Kemenkumham Maluku buka Pelatihan Kemandirian Bidang Jasa di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Ambon, Selasa, (13/7).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Divisi Administrasi, Agung R. Seto beserta pejabat struktural Lapas Ambon, para instruktur dan warga binaan selaku peserta pelatihan.

Dalam sambutannya, Andi menyampaikan, terdapat beberapa hal dalam melakukan pembinaan kemandirian bagi warga binaan, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 31 tahun 1999 tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan.

Kegiatan pelatihan mandiri pada bidang jasa Babershop dan Cucian Kendaraan ini, akan memberikan bekal pada warga binaan, untuk menjadi orang yang berhasil, terang Andi, lewat rilisnya kepada Koran ini.

Dirinya juga berpesan, semoga lewat pelatihan tersebut, warga binaan menjadi mandiri dan menjadi bekal mereka saat kembali ke masyarakat dan tidak merugikan negara lagi.

Kesempatan yang sama, Kalapas Ambon, Saiful Sahri menambahkan, tujuan dari pelaksanaan pelatihan pembinaan kemandirian bidang jasa pangkas rambut (Barbershop) dan bidang jasa perbengkelan (cucian mobil/motor) bagi narapidana di Lapas Ambon. Ini agar para narapidana memiliki kemampuan dan keterampilan. Sekaligus dapat berproduksi dan menjadi bekal pada saat kembali ke tengah masyarakat, harapnya.

Kepala Seksi Kegiatan Kerja, La Ode Maliki Djami, dalam laporannya menyampaikan, jumlah peserta yang mengiktui pelatihan tersebut sebanyak 20 orang warga binaan. Dengan melibatkan instrkutur dari SMK 3 Ambon dan SMK 5 Ambon. Adapun bentuk kegiatan terdiri dari teori di kelas, ceramah dan tanya jawab, praktek lapangan dan uji kompetensi yang akan berlangsung selama 2 hari, tutupnya. (UPE)

Comment