by

Kakanwil : Idul Adha di UPT Pas Maluku Terpantau Aman

AMBON-BKA, Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1442 H (2021 M) pada jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku berjalan aman.

Hal ini ditegaskan Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, lewat rilisnya kepada Koran ini, Rabu (21/7). Pantauan tersebut, dilakukan bersama Kadiv Administrasi, Agung Rektono Seto dan Plt. Kadiv Pemasyarakatan, Saiful Sahri di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon, Lapas Perempan Kelas III Ambon, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon, dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Ambon.

“Sudah kita instruksikan kepada semua personil kita di sana (UPT). Agar tetap jaga protokol kesehatan, dan atur yang tertib jangan sampai ada penumpukan,” tandas Andi.

Saat memantau layanan penitipan barang, lanjut dia, telah mengingatkan juga agar petugas layanan bekerja maksimal mengikuti standar yang berlaku, dengan tetap mengutamakan prinsip-prinsip humanis. “Periksa barang dengan teliti namun tetap sopan, layani masyarakat dengan baik,” pesannya.

Sementara itu, Plt. Kadivpas, Saiful Sahri menambahkan, telah menegaskan kepada jajaran Divpas Maluku dengan menurunkan empat tim yang disebar pada sejumlah UPT yang ada. Hal tersebut sebagai bentuk suporting Kanwil dalam pengawasan pelaksanaan Idul Adha. “Suporting Kanwil tetap ada, untuk memback-up UPT dalam pelaksanaan Idul Adha”, tegas Saiful.

Dia juga menjelaskan, hal tersebut dilakukan mengingat pemberlakuan PPKM Mandiri di Kota Ambon. Sehingga setiap kegiatan harus dibatasi, agar perlu dilakukan pengawasan.

Hal senada juga ditambahkan Kadiv Administrasi, Agung Rektono Seto. Menurutnya, pelaksanaan harus tetap merujuk pada edaran Sekjen juga edaran walikota terkait pembatasan aktivitas selama PPKM berlangsung.

“Sehingga kurban dari rekan-rekan di kantor wilayah kami salurkan pada masjid-masjid dalam Kota Ambon. Diantaranya masjid Batu Merah, masjid Talake dan masjid Waihaong Pantai,” terang Agung.

Sekedar tahu, dalam kunjungan itu, jajaran Pimpinan Tinggi Kanwil berkesempatan memberikan daging kurban yang disalurkan bagi keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Dan berdasarkan pantaun Tim Humas di lapangan, pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan Idul Adha pada UPT PAS berlangsung aman dan lancer, serta menerapkan protokol kesehatan ketat. (UPE)

Comment