by

Kakanwil Kemenkumham Hadiri Pelepasan Siswa PKL SMKN 6 Ambon

beritakotaambon.com – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku, Andi Nurka hadiri pelepasan siswa peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 6 Ambon, jurusan Keperawatan Sosial dan Multimedia, Senin (18/10).

Dalam giat tersebut, Andi Nurka turut didampingi Kepala Bagian Pelaporan dan Humas, Abdul Malik Wagola.

Pelepasan siswa peserta PKL ini, merupakan giat tahunan yang berlandaskan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 50 tahun 2020, tentang PKL Bagi Peserta Didik. Guna meningkatkan kompetensi peserta didik sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, perlu pembelajaran di luar satuan pendidikan formal dan nonformal melalui PKL.

Baca juga: Kemenkumham Maluku Ikut Pembukaan Skill dan Challenge

Bertempat di Aula SMK Negeri 6 Ambon, Andi Nurka menyampaikan sepatah kata untuk memberikan semangat para putra-putri bangsa sebelum terjun melaksanakan PKL.

”Ilmu yang diperoleh di sekolah kejuruan, harus mampu kita implementasikan dan tuangkan dalam pengaplikasian dunia kerja sesuai dengan bidang keilmuan yang kalian miliki. Sebagai putra-putri tunas bangsa, harus berani tampil menunjukkan kemampuan dan terus maju. Jangan mundur sebelum bertempur. Raihlah keberhasilan,” tandas Andi.

Dijelaskankan, selain untuk mengasah kebisaan siswa-siswi, juga diharapkan jalinan kerjasama antara sekolah dengan dunia industri maupun dunia usaha, agar dapat berjalan dengan baik.

Selanjutnya, menandai peresmian pelepasan PKL tersebut, dengan dilakukan penyematan tanda peserta dan pemukulan Tifa oleh Andi Nurka, selaku Kakanwil Kemenkumham Maluku.

Baca juga: Anak LPKA Ambon Ikut Sidang Online

Hadir dalam kegiatan tersebut, Koordinator Pengawas Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Lantara Habir dan Stakeholder SMKN 6 Ambon. (UPE)

Comment