by

Kakanwil Pantau Pelayanan di Rutan Ambon

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, Andi Nurka memantau langsung pelaksanaan layanan penitipan barang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon, Kamis (15/7).

Pantauan tersebut, Kakanwil didampingi Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi, Agung Rektono Seto dan Plt Kadiv Pemasyarakatan, Saiful Sahri. Dimana pantauan dilakukan jajaran pimpinan tinggi Kanwil Maluku untuk melihat langsung mekanisme layanan saat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro, yang sementara diberlakukan di Kota Ambon.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil menegaskan, pelaksanan layanan harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan didukung oleh sarana yang berstandar kesehatan. Selalu terapkan prokes ketat, batasi pengunjung, batasi waktu layanan, tegas Andi, lewat rilisnya kepada Koran ini.

Ia juga menginstruksikan, agar menambah beberapa personil sehingga proses pelayanan berjalan cepat dan tidak terjadi penumpukan pengunjung. Atur jadwalnya, sehingga pada saat hari layanan, jangan ada petugas layanan yang Work From Home. Layanan harus tetap jalan, sebutnya.

Hal senada disampaikan Plt. Kadivpas Maluku, Saiful Sahri. Dia menjelaskan, pelaksanaan layanan titipan barang untuk Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rutan, dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di wilayah Kota Ambon, telah diseragamkan mekanismenya sebagai tindak lanjut PPKM Mikro di Kota Ambon.

Dalam pertemuan kami dengan seluruh pejabat UPT PAS se-Kota Ambon beberapa waktu lalu, telah kami instruksikan untuk menyeragamkan pelaksanaan layanan titipan barang bagi WBP. Baik terkait waktu pelaksanaan maupun mekanismenya, terang Saiful.

Ia menambahkan, agar kebijakan pembatasan terhadap layanan titipan barang harus selalu disosialisasikan kepada keluarga WBP setiap kali berkunjung. Sampaikan kepada keluarga WBP tentang perubahan ini. Dengan narasi yang baik dan sopan, agar dapat dimengerti dan dipatuhi, tukasnya.

Menanggapi hal itu, Plt Kepala Rutan Ambon, Fifi Firda mengungkapkan, pelaksanaan layanan titipan barang berjalan lancer. Dan pantauan jajaran Pimti Maluku akan menjadi atensi bagi Rutan Ambon untuk segera lakukan perubahan sesuai instruksi yang diberikan.

Layanan penitipan barang sejauh ini berjalan lancar dan selalu utamakan prokes. Beberapa hal yang diinstruksikan pimpinan akan segera dilaksanakan dan dilaporkan, cetusnya. (UPE)

Comment