by

Kalwedo Lapor Pelanggaran Pilkada

Ambon BKA- Kuasa hukum pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya (MBD) Nomor Urut 01, Nikolas Kilikily-Desianianus Orno, dengan jargon Kalwedo mendatangi Bawaslu MBD pada 7 November, pekan lalu, untuk melaporkan beberapa kasus dugaan pelanggaran Pemilu di kabupaten tersebut.

Kuasa hukum Kalwedo, Munsir dan Inzank Nasrurdin, mendatangi Bawaslu MBD dengan membawa sejumlah bukti pelanggaran Pemilu untuk diserahkan.

Inzank nasarurdin, mengungkapkan, kedatangan mereka ke Kantor Bawaslu MBD dilakukan berdasarkan dugaan adanya pelanggaran Pilkada yang dilakukan tim pemenangan serta relawan Paslon Nomor Urut 02 di lapangan.

“Tujuan kami mendatangi kantor Bawaslu adalah untuk melaporkan serta memasukkan sejumlah bukti pelanggaran Pilkada yang ditemukan oleh tim pemenangan serta para relawan. Tentu sebelum kami memberanikan diri, kami telah mengumpulkan berbagai bukti sebagai dasar lapora kami,” jelasnya.

Sejumlah pelanggaran Pilkada yang dilaporkan berdasarkan temuan dilapangan, yakni, pelaksanaan kampanye diluar jadwal waktu yang ditentukan, kemudian kampanye yang dilaksanakan oleh kepala desa untuk salah satu Paslon di kecamatan Mdona Hyera, serta pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu oknum camat di pulau kisar yang terindikasi melakukan money politik untuk memenagkan salah satu paslon.

“Tentu tindakan ini sangat melanggar peraturan KPU yang telah disampaikan sebelum penyelenggaraan tahapan kampanye. Akan tetapi aturan tersebut sengaja dilanggar, demi kepentingan salah satu pihak peserta Pemilukada,” ujarnya.

Karena itu, dirinya meminta pihak Bawaslu MBD agar dapat berkoordinasi dengan Bawaslu Provinsi Maluku dan Bawaslu Pusat untuk menindaklanjuti laporan pelanggaran Pilkada tersebut.(BKA-3)

Comment