by

Kami Maju Dalam Tantangan, “We Care and We Believe”

Oleh: Idrus Ohorella (Redaktur Pelaksana Harian BeritaKota Ambon)

Berusaha mendapatkan sesuatu yang diinginkan, bisa dibilang mudah. Namun sangat sulit untuk mempertahankan, jika tidak didasari dengan kerja keras dan semangat kebersamaan. Sebab, kerja media adalah kerja tim.

Hal ini selalu menjadi motivasi semua rekan-rekan Harian Beritakota Ambon, hingga mampu bertahan di usia 2 tahun, hari ini.

Baru merangkak di usia 1 tahun, pasca dilaunching pada 9 Januari 2019 lalu. Semangat kerja rekan-rekan sempat menurun akibat pandemi Covid-19. Tentu bukan saja kami. Dampaknya menyeluruh, hingga muncul masyarakat miskin baru (misbar). Entahlah.

Tapi wabah ini, sengaja kami jadikan motivasi untuk bisa tetap eksis memberitakan kondisi yang terjadi di masyarakat. Buruk baiknya kebijakan pemerintah daerah, kami beritakan. Berharap, agar kehadiran kami dapat dikenal dan diterima masyarakat.

Hadir kami, bukan menjadi penyaing media lain. Melainkan untuk berdiri bersama menyampaikan fakta di lapangan, serta mengedukasi masyarakat demi membangun Maluku yang lebih baik kedepan.

Alhamdulillah, di usia 2 tahun ini, kami makin dikenal. Bangun silaturahmi serta sinergitas, kami maksimalkan. Baik pemerintah daerah maupun mitra pemerintah lainnya. Namun kami sadar, banyak kekurangan yang perlu kami benahi kedepan.

Kami yakin, banyak tantangan yang menunggu. Butuh kerja keras tim untuk bisa melahirkan karya-karya jurnalistik dan disajikan kepada pembaca di Maluku, serta masyarakat dimanapun lewat website kami www.beritakotaambon.com.

Terlepas dari itu, rasa syukur kami hanturkan kepada Allah SWT. Sebab, dengan kondisi ekonomi yang nyaris lumpuh akibat pandemi Covid-19, perlahan kami lalui. Rasa syukur itu, juga kami abadikan dalam setiap momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Harian Beritakota Ambon, tanggal 9 Januari.

Dan di usia ke 2 ini, agendanya masih sama, berbagi kasih. Kali ini, Yayasan Al Madinah, Warasia, Desa Batumerah dan Panti Asuhan Caleb House, Karpan Kopertis yang kami kunjungi untuk memberikan sedikit bantuan.

Sengaja dua lokasi ini kami pilih. Disana banyak anak yatim piatu yang dirawat. Bahkan ada anak yang dititipkan orang tua, karna tidak mampu. Yayasan Al Madinah, jadi lokasi pertama yang kami pilih. Sekira pukul 15.00 WIT, kami tiba. Namun sudah ada orang lain duluan. Dia salah satu calon bupati terpilih Buru Selatan.

Pukul 16.10 waktu setempat, giliran kami. Sejumlah bantuan kami sertakan. Disana kami disambut ramah salah satu pengurus yayasan serta anak-anak yang ada. Maksud kedatangan kami, disampaikan. Bantuan pun kami serahkan setelah itu. Seperti biasa, Harian Beritakota Ambon kembali didoakan puluhan anak yatim piatu yang ada.

“Kami atas nama yayasan mengucapkan terima kasih atas kedatangan Harian Berita Kota Ambon. Ini kali kedua, kalau tidak salah. Semoga hubungan baik ini tidak terhenti sampai disini, tapi bisa tetap terjalin. Kami doakan Harian Berita Kota Ambon menjadi media yang semakin sukses kedepannya. Dengan terus menghadirkan berita-berita yang inovatif dengan kata lain, jauh dari pemberitaan hoaks di tengah masyarakat kota Ambon,” ucap salah satu Pengurus Yayasan Al Madinah, Ustadz Dahlan, Jumat (8/1).


Kunjungan kemudian berlanjut. Jika sebelumnya, Panti Asuhan Santa Maria yang kami kunjungi di Januari 2020, kali ini berpindah lokasi ke Yayasan Caleb House. Sekira pukul 16.50 WIT, kami tiba. Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, perwakilan yayasan dan puluhan anak yang ada menyambut kami.

Setelah menyampaikan maksud tujuan kami, bantuan kami serahkan kepada pengurus Yayasan Caleb House. Waktu kami tidak banyak. Karena harus kembali ke Harian Beritakota Ambon yang berlokasi di jalan Jenderal Sudirman nomor 8, Kampung Tomia, Kelurahan Pandan Kasturi, kecamatan Sirimau.

“Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak/ibu rekan-rekan Harian Beritakota Ambon, yang sudah datang di tempat ini. Kami tidak bisa membalas semua kebaikan bapak-ibu. Tapi kami percaya Harian Beritakota makin jaya, besar, dan bermanfaat buat masyarakat Kota Ambon,” tandas Sekretaris Yayasan Caleb House, Lina Sahetapy.

Dalam kesempatan ini juga, Pimpinan Redaksi Harian Berita Kota Ambon, Nardi menyampaikan, bahwa doa dan dukungan masyarakat sangat mendorong kemajuan media ini. Untuk itu, silaturahmi yang dilakukan bermaksud untuk meminta doa dari anak-anak pada dua yayasan tersebut.

“Berita Kota Ambon bisa sampai saat ini, karena dukungan masyarakat. Untuk itu, kiranya anak-anak dan pengurus yayasan bisa mendoakan, agar media ini bisa tetap ada di tengah persaingan media lainnya. Because, we care and we believe,” harapnya. (*)

Comment