by

Kanim Tual Resmi Terima Sertifikat Tanah dari Pemkot Tual

beritakotaambon.com – Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II TPI Tual, resmi menerima penyerahan sertifikat tanah dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tual, di kantor Walikota Tual, Jumat (3/9). Penyerahan ini disaksikan langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Maluku, Andi Nurka.

Kegiatan ini turut dihadiri jajaran pejabat kedinasan Kota dan Kanim Kelas II TPI Tual. Dimana untuk Pemkot Tual, diwakili oleh Sekkot, Achmad Yani Renuat dan Kepala Kanim Tual, Lexie Adrin Mangindaan untuk penyerahan sertifikat atas lokasi Kanim Tual yang sudah berdiri sejak tahun 2004 lalu.

Baca juga: LPP Ambon Pasarkan Produk WBP ke Pengunjung

“Saya pribadi mengucapkan terima kasih untuk Pemerintah Kota Tual, untuk sebuah ukiran sejarah yang tidak terlupakan bagi kami Jajaran Kanim Tual. Karena sesungguhnya momen ini sudah di nanti-nantikan sejak lama. Dan menjadi suatu kemajuan guna mendukung Laporan Administrasi Barang Milik Negara (BMN) yang terdaftar,” terang Lexie.

Di Kesempatan yang sama, Sekkot juga menyampaikan permintaan maaf atas lamanya prosedural pengurusan sertifikat. Hal ini dikarenakan pelepasan hak atas BMN milik pemerintah daerah yang harus melewati proses yang Panjang.

“Proses pengurusan sertifikat tanah memerlukan waktu yang panjang. Mulai dari menginventarisir, mengukur ulang, sampai dengan proses pengurusan sertifikat tanah ke Badan Pertanahan Negara. Semoga dengan penyerahan sertifikat tanah ini, silaturahmi antar instansi maupun perorangan terus berjalan dengan baik ke depannya, untuk mewujudkan sinergitas dalam membangun ekonomi dan SDM Kota Tual,” harap Sekkot.

Menutup pertemuan itu, Kakanwil Kemenkumham Maluku, Andi Nurka sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Tual yang sudah bisa membantu administrasi kepengurusan sertifikat tanah lokasi Kanim Tual.

Sehingga kedepannya dokumen-dokumen administrasi BMN Kanim Tual sudah bisa lengkap, guna menghadapi tahapan penilaian Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di jajaran Kemenkumham.

“Terima kasih dan apresiasi saya berikan bagi Pemerintah Kota Tual yang sudah banyak membantu kami, hingga sampai di tahapan ini. Apalagi menjelang Kanim tual yang akan memasuki tahapan penilaian WBK, ini tentunya sangat menjawab kebutuhan kelengkapan administrasi kantor, khususnya BMN. Yang menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan meraih predikat WBK,” pungkas Andi. (UPE)

Comment