by

Kapal Perintis Kembali Beroperasi

beritakotaambon.com – PT Pelni Cabang Ambon kembali mengoperasikan sejumlah kapal perintis, yang sebelumnya dihentikan.

Pengoperasian kembali kapal perintis itu berdasarkan surat Direktur Jendral Perhubungan Laut, nomor: AL.016/2/7/DPJL/2021 tanggal 27 Agustus 2021.

Selain itu, pengoperasian kembali kapal perintis itu dilakukan berdasarkan data monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan port stay kapal perintis, kalau daerah-daerah yang dilayani oleh kapal perintis membutuhkan layanan kapal perintis untuk mendukung distribusi logistik.

Kepala Operasi PT.Pelni Cabang Ambon, Muhammad Assegaf, mengatakan, PT. Pelni kembali melakukan pengoperasian kapal perintis disebabkan urgensi dari penumpang dan barang di wilayah tertinggal.

Baca juga:
Walikota Ingatkan Soal Perubahan Iklim

“Jadi kapal perintis harus segera dioperasikan, untuk menjangkau wilayah-wilayah tertinggal dan jauh dari pusat ibukota,” terang Assegaf, Minggu (29/8).

Ia melanjutkan, jika kapal perintis tidak diaktifkan kembali, maka kesediaan kebutuhan di wilayah tersebut serta kebutuhan para penumpang di daerah, tidak akan terpenuhi. Itu akan akan berakibat tidak baik.

“Maka kami secepatnya mengkonfirmasi hal ini kepada perhubungan laut di pusat, karena ini sudah urgensi,” bebernya

Ia menambahkan, Maluku adalah wilayah kepulauan. Untuk mendukung mobilitas penumpang dan kebutuhan pokok, kapal perintis sangat dibutuhkan.

“Apalagi di wilayah-wilayah yang tidak dapat dijangkau oleh kapal Pelni, maka kami sangat membutuhkan kapal perintis untuk menjangkau wilayah-wilayah itu,” tukasnya

Hal ini, katanya, sudah sangat mendesak. Sehingga bukan hanya PT.Pelni Cabang Ambon yang melakukan permintaan kepada Direktorat Perhubungan laut, tetapi juga pelabuhan di Tual dan Saumlaki.

Baca juga: Polsek KPYS Sita 235 Liter Miras

“Dan ada juga 40 pelabuhan lain di Indonesia yang mendesak hal tersebut, sehingga ini harus di berlakukan,” pungkasnya. (MG-2)

Comment