by

Kapolda Kunjungi Polres KKT, Polres di Maluku Harus Punya Kapal

beritakotaambon.com – Kapolda Maluku, Irjen Pol. Refdi Andri, melakukan kunjungan kerja ke Polres Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Senin (18/10).

Kunjungan Kapolda Maluku itu disambut oleh Kapolres KKT AKBP. Romi Agusriansyah, Danki 3 Yon C Pelopor Sat Brimob Iptu Nyoman Sudarmaja, beserta para pejabat jajaran Polres setempat.

Kesempatan kunjungan itu dimanfaatkan oleh Kapolda untuk bertatap muka dan memberi motivasi kepada personil jajaran Polres KKT.

Baca juga: Kajati Maluku Kunjungi Proyek Bendungan Waeapo, Ada Apa?

Jenderal bintang dua itu mengatakan, kendati terdapat berbagai keterbatasan, tetapi jajaran Polres harus tetap semangat dan solid dalam menjalankan tugas.

Menurutnya, jumlah personil Polres KKT hanya 447 orang. Angka itu masih jauh dari kata ideal, yakni, seharusnya 700-an personil. Artinya terdapat kekurangan personil sebanyak 300-an lebih. Belum lagi masalah kekurangan sarana prasarana.

Untuk itu, dia memberikan apresiasi bagi Kapolres dan jajarannya yang dapat menjaga situasi Kamtibmas, sehingga tidak ada masalah krusial yang harus ditangani Polda Maluku lagi. Semua dapat diselesaikan pada tingkat Polres.

“Ini kan daerah kepulauan. Kapal yang dimiliki masih apa adanya. Kekuatan Polairut juga sedikit. Anggota di Polsek hanya 15 orang, sangat tidak relevan,” ujarnya.

Baca juga: Sambut Musdalub Hanura, Bupati: MBD Itu “Jogjakarta” Maluku

Harus diakui, kata Kapolda, semua Polres di Maluku tidak ada yang tidak punya wilayah jangkauan laut. Artinya setiap Polres itu harus memiliki kapal kapasitas C1 dengan panjang 30 meter, yang dapat menampung 10 hingga 15 personil. Belum lagi kapal C2 yang kapasitas orang 5 sampai 10 orang, untuk pelayanan antar pulau kecil, serta C3 bagi Babinkamtibmas.

Keberadaan kapal-kapal itu sangat dibutuhkan, terutama di Polres KKT. Apalagi Polsek Selaru berbatasan dengan Australia. Sehingga minimal Polres KKT harus memiliki kapal jenis C1, C2 dan C3.

“Kapal kita baru C1. Hanya dimiliki dua Polres, yakni, Tual dan Aru. Sejauh ini dari Polda Maluku telah upayakan pengajuan-pengajuan itu. Semoga bisa direalisasi. Apalagi kan KKT akan ada Blok Masela,” tandasnya.(BTA)

Baca juga: Pembunuhan Dua Warga Sera Ditenggarai Dendam Tanah

Comment