by

Kapolda Tatap Muka Dengan Forkompinda

Ambon, BKA- Kapolda Maluku, Irjen Pol. Refdi Andri, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Minggu (6/12).

Kedatangan orang nomor satu di Polda Maluku itu disambut langsung oleh Kapolres SBT, AKBP Andre Sukendar, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) SBT, di Bandara Kufar.

Dari Bandara Kufar, Kapolda Maluku dan rombongan langsung menuju Mako Polres SBT untuk melakukan tatap muka dengan Forkompinda SBT.


Hadir dalam kegiatan tatap muka bersama Kapolda Maluku, Irjen Pol Refdi Andri, dianyaranya, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas, Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar, Dandim 1502 Masohi Letkol Infanteri Nunung Wahyu Nugroho, Kepala Kejari SBT Muhammad Ilham, Ketua Pengadilan Tinggi Dataran Hunimoa Purwanto S. Abdullah, Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa Lutfi Muslih, serta Ketua MUI SBT HM Malik Kilwouw, Ketua Klasis GPM SBT Pendeta L.W. Laisila, Ketua Umum Majelis Latupati SBT A.R Weaul Artafela, Ketua KPU SBT Kisman Kelian, serta Ketua Bawaslu SBT Suparjo Rustam Ruamakamar.

Pada kesempatan itu, Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas, menyampaikan selamat datang kepada kapolda Maluku di kabupaten bertajuk Ita Wotu Nusa itu.


Selain itu, Keliobas juga memaparkan kondisi Kamtibmas di Kabupaten SBT, khususnya jelang Pilkada serentak 9 Desember. Menurutnya, sesuai kondisi lapangan, keamanan di SBT secara umum terlihat kondusif. Karena masyarakatnya memiliki modal hubungan kekeluargaan antara satu dengan yang lain. Sehingga apabila terjadi gesekan, itu pun dapat diselesaikan dengan baik secara kekeluargaan.

Bupati Abdul Mukti Keliobas juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT lewat APBD tahun 2019-2020 sudah menganggarkan anggaran Pilkada sebesar sebesar Rp 45 miliar, baik kepada KPU, Bawaslu maupun TNI-Polri.

Selain itu, pada APBD-Perubahan SBT juga dilakukan sedikit peningkatan, meski dengan keterbatasan APBD dan pengaruh situasi masa pandemi Covid-19 yang membutuhkan kucuran dana yang cukup besar. “Sehingga kami harap, anggaran yang sudah dikucurkan dapat dimaksimalkan dengan baik,” ucap bupati, dalam sambutannya.


Selain itu, Bupati SBT itu meminta perhatian Kapolda Maluku untuk perlu adanya pemusatan pasukan keamanan di Kota Bula, pada saat penetapan dan pengumuman Calon Bupati terpilih.
“Saya berharap, dengan kunjungan bapak Kapolda ini, bisa menjadi catatan untuk penempatan personil di Kota Bula, pada saat pengumuman dan penetapan bupati terpilih. Harap ini jadi perhatian serius,” ucap bupati.

Sementara Kapolda Maluku, Irjen Pol. Refdi Andri, menyampaikan, pemerintah saat ini fokus pada penanganan Covid-19.

Menaggapi kondisi itu, terang Kapolda, pemerintah mengucurkan anggaran dan dana stimulus untuk peningkatan ekonomi dan pemulihan kesehatan yang tidak tanggung-tanggung. Karena memang pemerintah menganggap pentingnya pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan kesehatan bagi masyarakat.

“Maka saya menghimbau, apa yang kita lakukan sekarang, nanti dan seterusnya bagi masyarakat kita untuk tumbuh kembangnya ekonomi, untuk tumbuh kembangnya kualitas pendidikan, peningkatan kualitas kesehatan dan lain-lain,” tutur Kapolda Maluku, dihadapan peserta tatap muka di Aula Prama Satwika Polres SBT.

Kapolda Maluku berpesan, siapapun yang kalah dan siapapun yang menang di Pilkada 9 Desember nanti, kemenangan itu adalah kemenangan masyarakatnya SBT.

Selain itu, kata Kapolda, tahapan Pilkada ini harus taat protokoler kesehatan. Hal itu dilakukan dengan norma standar yang ketat, sesuai kriteria mekanisme yang sudah ditetapkan oleh KPU.

“Kita juga harus meyakinkan masyarakat, sehingga pemilih itu bisa datang ke TPS untuk memberikan suaranya. Dan Pastilah itu merupakan kado terindah bagi Kabupaten Seram Bagian Timur,” pungkas Kapolda Maluku. (BKA-2)

Comment