by

Kapolres MBD “Tegas” Berantas Kasus Pencurian

Ambon, BKA- Polres Maluku Barat Daya dibawa komando AKBP Budi Adhy Buono tidak main-main memberantas tindakan kejahatan yang terjadi di negeri bertajuk Kalwedo itu. Buktinya, pada Jumat 2 April lalu, Polres MBD menangkap dua tersangka kasus pencurian HP. Lagi, mereka kembali mengamankan dua pelaku pencurian. Keduanya adalah Randi Perdinand Lobo Rihi, dan Markus Riwu.

Persembunyian Randi Perdinand Lobo Rihi, dan Markus Riwu, terungkap di Penginapan INA DOW, Wonreli, Pulau Kisar, Kecamatan Pulau-Pulau Terselatan.
Dua orang pembobol Counter Handphone (HP) Bless di Kota Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), ini dicokok polisi, Minggu (18/4).

Dari tangan kedua pemuda warga Loborui, Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur ini aparat Polres MBD berhasil mengamankan uang tunai Rp.50 juta dan sejumlah HP.
“Jadi, saat ditangkap mereka langsung diamankan di Polsek Kisar. Kita tidak main-main dengan tindakan kejahatan semacam ini. Kalau masih ada lagi, tetap kita proses hukum orangnya,” ungkap Kapolres MBD AKBP Budi Adhy Buono, Senin (19/4).

Pelaku Randi berusia 24 tahun, sementara Markus berumur 18 tahun. Mereka beraksi membobol counter HP Bless di Tiakur. Keduanya ditangkap setelah polisi mengetahui tempat persembunyian.
“Setelah mencuri mereka melarikan diri ke Pulau Kisar. Mereka nginap di penginapan Ina Dow, Wonreli,” katanya.

Penangkapan terhadap kedua pelaku dilakukan setelah pintu kamar dibuka menggunakan kunci cadangan oleh karyawan penginapan.
Kunci cadangan digunakan karena para pelaku tidak membuka pintu saat diketok polisi. Bahkan mereka mencoba untuk kabur melalui jendela kamar tersebut.

“Para pelaku berupaya melarikan diri lewat jendela kamar bagian belakang. Namun anggota sigap sehingga para pelaku dapat diamankan saat akan melewati jendela. Mereka ditangkap pukul 17.45 WIT,” terangnya.

Berhasil diringkus, tim gabungan dari Polres MBD dan Polsek Kisar ini kemudian melakukan penggeledahan di kamar tempat mereka menginap.
“Saat barang bawaan berupa tas ransel digeldah, ditemukan uang tunai 50 juta, 3 buah HP Oppo beserta carger, 2 carger HP samsung, dan 1 kamera Cannon,” ricinya.
Perwira dengan dua bunga melati itu mengaku, semua barang bukti yang ditemukan tersebut diakui milik para pelaku yang diambil di Counter HP Bless di Tiakur.
“Para pelaku diamankan di Mako Polsek Kisar untuk pendalaman lebih lanjut dan akan diserahkan ke Satreskrim MBD,” tandasnya.(SAD)

Comment