by

Kasus Risman Solissa Tunggu Panggilan Sidang

AMBON-BKA, Kepala Seksi Pidana umum (Kasi.Pidum) Kejaksaan Negeri Ambon, Ajid Latuconsina, mengatakan, Risman Solissa, tersangka yang dijerat dalam kasus ITE, saat ini tunggu panggilan majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon untuk sidang.

“Kasus Risman Solissa itu tunggu panggilan dari majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon saja untuk naik sidang perdana,” ujar Ajid, melalui selulernya, Rabu (11/8).

Menurutnya, terhadap berkas perkara ini, baru saja dilakukan pelimpahan berkas ke pengadilan negeri Ambon, Senin kemarin.

“Senin kemarin baru saja kita limpah berkasnya ke PN, kita saat ini tunggu saja panggilan hakim untuk sidang,” jelasnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M.Roem. Ohoirat, mengatakan, penyidik Satreskrim Polresta Pulau Ambon melimpahkan tersangka kasus dugaan Tindak Pidana (TP) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) atas nama Risman Solissa.

Baca juga: Lopulissa Naik Kursi Pesakitan

Pelimpahan berkas dan tersangka yang merupakan mahasiswa Universitas Pattimura Ambon, berlangsung di kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon, Kota Ambon, Jumat (6/8).

Pemuda 24 tahun itu diserahkan setelah berkas perkaranya dinyatakan lengkap atau P21 oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Kejari Ambon, pada Kamis (5/8/2021).

“Untuk TP UU ITE dengan tersangka RS (Risman Solissa) sudah kami limpahkan ke jaksa pada hari Jumat kemarin. Karena berkas perkaranya sudah P21,” ungkap Ohoirat, Minggu kemarin.

Risman ditangkap dengan dasar laporan polisi nomor : LP/A/333/VII/2021/Maluku/Resta Ambon, tanggal 21 Juli 2021. Ia diduga telah melakukan tindak pidana penyebaran ujaran kebencian melalui media elektronik dan atau penghinaan dan atau pencemaran nama baik melalui media elektronik dan atau penyebaran berita bohong.

Risman merupakan Warga Desa Waefusi, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan. Ia merupakan mahasiswa Unpatti Ambon yang mendiami tempat kos-kosan di Jalan Udang RT 03/RW 02, Tihu, Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon.

“Penyerahan tersangka dan barang bukti diterima oleh JPU Chrisman Sahetapy. Saat itu tersangka didampingi oleh kuasa hukumnya,” terangnya.

Setelah penyerahan tersangka atau tahap II dilakukan, selanjutnya kasus tersebut dinyatakan selesai ditangani penyidik Satreskrim Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

Baca juga:
Bendahara di Pusaran Korupsi ADD Rarat SBT

“Tersangka akan menjalani proses selanjutnya dengan JPU hingga di persidangan. Saat ini tersangka masih dititipkan di rumah tahanan Polresta Ambon,” tandasnya.

Untuk diketahui, Tersangka Risman Solissa ditangkap di sekitaran pertigaan bundaran patung Dr. J. Leimena, Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Minggu (25/7/2021) sekira pukul 19.20 WIT. (SAD)

Comment