by

Kawasan Kumuh di Wanitu Mulai Ditata

beritakotaambon.com – Setelah Walikota Ambon, Richard Louhenapessy meletakan baru pertama Jumat (6/9) pekan kemarin, perombakan kawasan kumuh di Wainitu, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, mulai dilakukan.

Saat ini, proses perombakan itu sudah sampai penghitungan mutual check awal (MC-0), yang telah dilakukan lewat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Ambon. Pekerjaan ini akan terus berjalan hingga selesai.

“Mereka sudah melakukan MC-0 untuk dilakukan pekerjaannya,” terang Kepala Dinas PRKP Kota Ambon, Rustam Simanjuntak, di Balaikota, Sabtu (11/9).

Menurutnya, MC-0 merupakan kegiatan penghitungan kembali volume item pekerjaan dan disesuaikan antara gambar rencana dengan kondisi lapangan. Untuk pengerjaan kawasan kumuh di Wainitu, telah ditandatangani kontrak kerja sama dengan Kementerian PUPR RI.

“Untuk kawasan kumuh itu kan dia berproses oleh Kementerian PUPR, dan sudah kontrak tanggal 27 Agustus 2021,” sebutnya.

Oleh sebab itu, sambung Rustam, proses pengerjaan ini akan dikontrol terus dan diikuti perkembangannya karena sudah berjalan. Dan kontrak kerja pembangunan daerah kumuh di kawasan Wainitu, sistemnya multi years (tahun jamak). Sehingga prosesnya tentu tidak akan diperlambat, mengingat ada kontrak yang mengikat proses pembangunan tersebut.

“Itu kegaiatn multi years, jadi 2021 sampai dengan 2022 baru tuntas. Sejauh ini progres juga tidak ada masalah sepanjang yang kita lihat di lapangan,” jelasnya.

Dijelaskan, di tahun ini pihaknya hanya berani menganggarkan pembangunan untuk 17 rumah dengan berkolaborasi dengan Bank Dunia. Namun akan kembali dianggarkan di tahun 2022, untuk enam rumah sisanya.

“Untuk tahun ini kita merubah pasak untuk 17 rumah, yang kita siapkan anggarannya dari APBD. Nanti baru tahun depan kita programkan yang sisa lagi ada enam rumah. Karena semua ada 23 rumah yang harus kita rubah pasaknya,” pungkasnya. (IAN)

Baca juga: CPNS Lapas Ambon Diminta Efektif

Comment