by

KBM Berjalan Normal

Ambon, BKA- Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), khusus SMP Negeri 1 Watuwey, kini sudah berjalan normal.

Padahal sebelumnya, proses belajar berjalan tidak efektif, lantaran tidak dilakukan secara tatap muka. Sehingga dia sangat bersyukur, karena proses belajar mengajar sudah kembali dilakukan secara tatap muka.

“Puji Tuhan, anak-anak sudah belajar seperti biasa. Memang karena mencegah Covid, jadi masih tetap gunakan protokol kesehatan. Tapi itu tidak menjadi soal. Yang terpenting, anak-anak belajar dengan baik. Karena selama beberapa bulan pasca MBD zona kuning, anak-anak tidak belajar dengan baik. Sesuai instruksi pemertintah, sebenarnya belajar Daring, tapi kita minim fasilitas, jadi belajar offline. Itu pun dirasa kurang efektif. Kalau kita di desa begini, satu-satunya solusi adalah belajar tatap muka. Tidak bisa cara lain. Untuk itu, saya sangat bersyukur ketika saat ini proses belajar sudah jalan normal,” ungkap salah satu Guru SMP Negeri 1 Watuwey, Irene Termas, Rabu (4/11).

Untuk itu, dia berharap, pandemi Covid-19 dapat segera berakhir. Agar proses belajar bisa terus berjalan seperti biasa.

Dia khawatir, kalau kondisi sekolah kembali seperti semula, belajar secara jarak jauh. Karena hal itu bisa membuat siswa di pedesaan semakin tertinggal, lantaran tidak bisa mengikuti proses belajar dengan baik.

“Kalau di kota kan bisa Daring. Karena punya fasilitas, sehingga bisa belajar. Tapi kita yang di desa, ini sulit. Sulitnya itu, kalau diperintahkan belajar Daring, siswa menganggap itu libur. Artinya, karena kita tidak punya fasilitas. Berbeda dengan tatap muka. Jadi kondisi sekarang ini, kita berdoa agar proses belajar tatap muka ini tetap berjalan. Kita sementara menyiapkan untuk ujian tengah semester. Mudah-mudahan, semua berjalan lancar,” harap Termas. (LAM)

Comment