by

KBM Semakin Tidak Efektif

Ambon, BKA- Jika Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih terus dilanjutkan pada 2021 ini, maka Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) akan semakin tidak efektif. Hal itu disampaikan Kepala SD Negeri 47 Ambon, Semmol Wenno.

Sekalipun pola PJJ dirubah, menurutnya, KBM tetap tidak efektif. Karena siswa hanya inginkan belajar tatap muka. Sebab mereka jenuh belajar tanpa teman dan juga guru.

“Semua orang pasti punya penilaian yang sama soal perkembangan belajar anak selama PJJ tahun 2020 lalu. Bahwa semenarik apapun itu, tetap tidak efektif. Untuk itu, kalau PJJ tetap berlanjut, maka otomatis, belajar juga semakin tidak efektif. Dampak terbesarnya ada pada anak itu sendiri,” ungkap Wenno, Rabu (6/1).

Dengan demikian, Ia meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dapat mempertimbangkan persoalan tersebut.

Memang disisi lain, akuinya, kesehatan dan keselamatan siswa menjadi prioritas utama. Namun tak kalah penting juga, kualitas pendidikan dan karakter anak bangsa.

Karena itu, dia berharap agar Pemkot Ambon dapat mencari jalan keluar yang tepat, agar pandemi Covid-19 tidak memberikan dampak besar bagi generasi penerus bangsa di masa mendatang.

“Sesungguhnya, apapun perintah pemkot, kami tetap patuhi. Namun sayang juga, kalau anak-anak tidak belajar dengan baik. Jadi diharapkan, soal proses belajar bagi anak-anak ini kita pikirkan langkah yang terbaik bagi mereka. Dan saya kira, tidak ada lain, selain belajar tatap muka, dengan tetap menggunakan protokol kesehatan,” pintanya. (LAM)

Comment