by

KBM Tatap Muka di MBD Tetap Berlangsung

Ambon, BKA- Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka di kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) masih terus berjalan pada semua tingkatan sekolah, walau saat ini telah ada pasien Covid-19 yang terkonfirmasi di Kabupaten itu.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan MBD, Ferdinand Lewier, mengatakan, kondisi geografis Kabupaten MBD yang terdiri dari kepulauan menjadi keuntungan tersendiri pada situasi saat ini.

Walau telah ada masyarakat MBD yang terkonfirmasi positif Covid-19, namun hal itu tidak mempengaruhi pelaksanaan pendidikan secara keseluruhan di kabupaten bertajuk Kalwedo itu.

Proses pembelajaran tatap muka di sekolah pada sejumlah kecamatan tetap dilaksanakan seperti biasa. Sedangkan bagi kecamatan yang ada masyarakatnya terkonfirmasi Covid-19, pembelajaran tatap muka di sekolah dihentikan sementara.

“Yang terpapar Covid-19 ini kan, mereka dari kecamatan lain. Karena itu, saya kira sama sekali tidak memberikan pengaruh bagi sekolah-sekolah yang ada di kecamatan lainnya, yang memang beda pulau. Khusus bagi sekolah- sekolah tertentu saja yang karena ada pasiennya, itu yang kita hentikan sementara itu. Tapi kalau yang Kecamatan lain, semuanya berjalan lancar dengan tetap pada aturan protokoler,” terangnya, Minggu (20/9).

Proses pembelajaran tatap muka yang diakukan, lanjut Lewier, sudah melewati persetujuan orangtua dan pihak Gugus Tugas MBD.

Pembelajaran tatap muka tetap dilanjutkan, selain karena MBD merupakan daerah kepulauan, yang sebagian besar kecamatan berada pada pulau berbeda, juga terkait masalah infrastruktur pendudkung pelaksanaan belajar Daring yang tidak menunjang.

“Pembelajaran tatap muka masih dilakukan disemua tingkatan sekolah, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona.
Sampai sekarang kita terus melakukan pemantauan, terkait dengan pembelajaran di sekolah. Dan itu berjalan lancar,” pungkas Lewier.(LAM)

Comment