by

Kelas Kecil Tetap Jadi Fokus PJJ

Ambon, BKA- Hingga memasuki semester genap tahun pelajaran 2020/2021, siswa kelas kecil atau kelas I dan II terus menjadi fokus guru, dalam melakukan Pembelajaran Jarak jauh (PJJ).

Siswa kelas kecil merupakan siswa yang paling terdampak pola PJJ, yang dilaksanakan sekolah sejak adanya pandemi Covid-19.

“Untuk kelas kecil ini kan, mereka fokus untuk membaca, menulis dan menghitung. Sehingga sangat membutuhkan pendampingan yang maksimal dari guru dan orangtua. Apalagi yang kelas I. Sejak mereka masuk sekolah sampai hari ini, tidak pernah belajar tatap muka,” ucap Kepala SD Negeri 2 Latuhalat, C. Tlingkery, Senin (25/1).

Untuk memastikan anak-anak kelas kecil ini tetap belajar dari rumah, kata Tlingkery, sejak semester ganjil hingga masuk semester genap, guru terus fokus pada proses belajar mereka. Yakni, rutin melakukan kunjungan belajar rumah. Disamping mendorong orangtua melakukan pendampingan dan pengawasan selama proses PJJ.

“Karena guru tidak bisa setiap hari lakukan kunjungan belajar, jadi kita minta orangtua berperan aktif mendampingi dan mengawasi mereka. Dengan harapan, jika ada kendala, orangtua langsung komunikasi dengan guru, untuk melakukan pendampingan. Tidak bisa hanya berharap pada guru,” harapnya

Sementara untuk kelas yang lain, lanjutnya, masih tetap dengan pola belajar Daring dan Luring, sesuai dengan kemampuan siswa.

Untuk Luring, guru siapkan materi bagi siswa belajar di rumah. Sedangkan yang Daring, tetap belajar menggunakan aplikasi zoom.

Kendati demikian, tetap saja mengalami kendala. Tidak seperti belajar tatap muka. Sehingga dia berharap, belajar tatap muka secepatnya dilakukan.

“Apapun itu, tidak sama dengan belajar tatap muka. Jadi terus minta pandemi ini berakhir, supaya kita kembali belajar tatap muka di sekolah,” tandas Tlingkery. (LAM)

Comment