by

Keliobas Minta Pilkades Serentak Dipercepat

beritakotaambon.com – Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Keliobas, meminta Kepala Dinas Pemerdayaan Desa (PMD) SBT, Jafar Kwairumaratu, agar secepatnya menggelar Pilkades serentak.

Bahkan Keliobas ingin, proses Pilkades serentak di sejumlah desa di Bumi Ita Wotu Nusa itu dapat dimulai di tahun ini.

Pernyataan itu disampaikan Keliobas, beberapa waktu lalu, usai menyampaikan Nota Pengantar KUA dan PPAS tahun 2021 di rapat paripurna ke 13 massa persidangan ketiga tahun sidang 2021.

Baca juga: Pemkab dan DPRD SBT Bersama Perjuangkan PI 10 Persen

Dia bahkan mendorong, agar ada dana pelaksanaan Pilkades serentak pada pembahasan perubahan Kebijakan Umum Anggaran APBD (KUA) serta perubahan Prioritas dan Platfon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2021.

“Pilkades dipercepat, karena kita harapkan di APBD Perubahan ini, sudah harus dianggarkan Pilkades,” kata Bupati SBT dua periode itu.

Tentang besaran anggaran Pilkades, terangnya, dianggarkan Rp 90 juta lebih. “Kita siapkan anggaran di APBD-P ini sebanyak 90 juta sekian, untuk bisa dilakukan pemilihan,” tutur Keliobas.

Lanjut Keliobas, dipastikan di tahun 2022 nanti, Pilkades sudah bisa diselesaikan. Karena setelah anggarannya ada, akan dilakukan pemilihan secara bertahap.

Baca juga: Bupati SBT Sampaikan NP KUA-PPAS

“Dan kita akan lakukan pemilihan secara bertahap. Antara dapil satu, dapil dua dan dapil tiga. Kita harapkan di 2022 ini, sudah hampir selesai semaunya,” tutup Keliobas.

Sebelumnya, dalam rapat paripurna, sejumlah wakil rakyat mengingatkan Keliobas agar segera melakukan Pilkades, untuk memperlancar roda pemerintahan di tingkat desa. (SOF)

Comment