by

Keluh Kesah Masyarakat Pulau Kisar

Sejumkah masyarakat Pulau Kisar akhirnya berkesempatan menyampaikan berbagai keluh dan kesah mereka, terkait berbagai persoalan yang dihadapi serta harapan masyarakat terhadap pemerintah.

Semua itu mereka sampaikan saat melakukan tatap muka dengan Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Benjamin Thomas Noach, yang didampingi Forum Pimpinan Kecamatan Pulau-Pulau Terselatan serta tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat Kisar, yang berlangsung di Wonreli, Senin (31/5).

Pada acara itu, bupati nampak serius menanggapi seluruh persoalan maupun saran yang disampaikan masyarakat. Mulai dari persoalan pendidikan, kesehatan, transportasi hingga histori.

Salah satu persoalan yang banyak disampaikan masyarakat Pulau Kisar, yakni, masalah kelistrikan. Sebab sejauh ini, masyarakat belum terlayani dengan maksimal.

Menanggapi hal tersebut, Noach meyakinkan masyarakat Pulau Kisar, akan segera meyikapi seluruh persoalan yang meresahkan tersebut.

khusu ntuk sektor kelistrikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MBD telah bertemu dengan Direktur Pemasaran PLN Wilayah Timur.

“Untuk sekarang ini, PLN di Kisar tengah mengalami over hall. Yakni, mesinnya mengalami kerusakan. Namun dalam waktu dekat, perbaikan mesin telah selesai,” terang Noach.

Sedangkan untuk sektor pendidikan, dia mengakaui, lembaga pendidikan di Kisar lebih didominasi oleh swasta. Sehingga hal tersebut berdampak pada distribusi guru oleh pemerintah, yang lebih fokus pada sekolah negeri saja.

“Karena itu, solusi terbaik adalah menegrikan sekolah sekolah swasta,” ujarnya.

Lebih jauh, Pemkab MBD akan membentuk sekolah unggulan untuk tingkatan SMP dan SMA.

Sedangkan terkait persoalan di sektor histori dan budaya, Pemkab MBD akan lebih peduli terhadap situs-situs budaya. “Begitu juga dengan tenunan tradisional Kisar, akan dikembangkan dan dijadikan identitas diri masyarakat Kisar dan masyarakat MBD,” pungkas Noach.

Pada kesempatan itu juga, bupati Noach juga berkenan memberikan bantuan dana hibah kepada beberapa organisasi, baik organisasi keagamaan maupun organisasi masyarakat lainnya. (GEM)

Comment