by

Kelulusan SLB Berdasarkan Kemampuan Siswa

Ambon, BKA- Kelulusan tingkat Sekolah Luar Biasa (SLB) ditentukan berdasarkan kemampuan setiap siswa.

Kepala SLB Batu Merah, Padil Sarip Mako, mengungkapkan, sama seperti sekolah pada umumnya, pelaksansan ujian kelulusan juga dilaksanakan di SLB, guna memenuhi kriteria penilaian kelulusan.

“Itu sesuai arahan menteri, bahwa Ujian Nasional (UN) ditiadakan. Dan semua evaluasi pembelajaran diserahkan kepada sekolah sebagai penyelenggara. Jadi SLB tetap melakukan ujian sekolah di setiap tingkatam, mulai dari SDLB, SMPLB hingga SMALB. Alhamdulilah, itu sudah berjalan pekan kemarin,” ujar Mako, Rabu (14/4).

Memang pada dasarnya, katanya, prosesnya evaluasi pembelajarannya sama seperti sekolah umum. Namum untuk SLB, penilaiannya lebih kepada kemampuan masing-masing siswa. Mengingat, kemampuan anak-anak berkebutuhan khusus ini berbeda-berbeda.

“SLB untuk standar kelulusan mulai dari setiap tingkatan direkapitulasi dari nilai raport sebelumnya. Kemudian, nilai ujian sekolah sama seperti pada sekolah umumnya. Kita lihat dari kemampuan masing-masing anak, karena kemampuan mereka berbeda. Bahwa selama masa pandemi ini, kondisi mereka secara beban psikologi dalam belajar kan tetap saja ada kendala. Namun sebagai pendidik, pasti sudah mengetahui kemampuan setiap siswa. Jadi berdasarkan itu, yang mesti dilakukan dalam menentukan kelulusan,” pungkas Mako. (LAM)

Comment