by

Kelurahan Ahusen Berhasil Pertahankan Trophy

Ambon, BKA- RW 04 Pohon Puleh, Kelurahan Ahusen berhasil mempertahankan trophy yang didapat dari lomba kampung iklim.

Decky Sopamena lurah Ahusen mengakui bahwa RW 04 sudah menjadi lingkungan hijau sejak lama. Adanya inisiatif dari RT dan warga untuk berkreasi agar lingkungan lebih terlihat inofative dan tetap bersifat edukasi. Untuk itu warga membentuk berbagai komunitas misalnya komunitas peduli sungai, posyandu, posbindu dan bank sampah. Warga mulai membenahi lingkungan sejak 2015 silam. Kekompakan konsistensi warga sehingga lingkungan bisa tetap terjaga.

“Jadi Pohon Puleh itu memang merupakan lingkungan hijau, hanya saja warga semakin membenahi agar terlihat lebih indah. Dengan belajar dari kota yang lain, warga mulai berkreasi dengan segala macam cara agar lingkungan ini menjadi daya tarik tersendiri. Jadi ini sudah sejak 2015 jadi sudah lima tahun mereka bisa mempertahankan lingkungan tetap asri dan indah,” pungkas Decky Sopamena lurah Ahusen.

Sopamena mengatakan lingkungan ini pertama kali mendapat juara saat lomba lorong. Kemudian karena semakin banyak inofative yang dibuat sehingga lingkungan ini bisa mewakili Maluku dalam lomba kampung iklim. Lingkungan ini juga selalu mendapatkan trophy dan penghargaan karena tetap bisa mempertahankan keadaan lingkungan.

“Awalnya pada tahun 2018 itu kita menang lomba lorong, hanya lomba lorong. Kemudia beranjak lomba RT hingga bisa mewakili Maluku ikut lomba kampung iklim. Sejak itu setiap tahun kita mendapatkan trophy dan penghargaan lingkungan hijau,” tambahnya.

Sopamena berencana membuka lingkungan ini untuk menjadi tempat wisata sekaligus untuk menjadi percontohan tempat lain. “Kami memang berencana di 2021 Pohon Puleh akan dibuka untuk menjadi tempat wisata dan edukasi baik bagi masyarakat umum maupun pelajar. Kami hanya menunggu keputusan dari pemerintah kota yang memang ingin menjadikan lingkungan ini menjadi projek percontohan bagi lingkungan lain di Kota Ambon,” tutupnya. (MG-1)

Comment