by

Kelurahan Hadir Penuhi Kebutuhan Warga

Ambon, BKA- Memiliki tupoksi dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan, pemberdayaan, pelayanan dan sebagainya, Kelurahan hadir di tengah-tengah lingkungan masyarakat sebagai pemenuhan kebutuhan. Ini ditegaskan Lurah Tihu, Kecamatan Teluk Ambon, N. A. La Saleman, kepada koran ini, Senin (29/3).

Menurut dia, salah satu peran kelurahan yang diharapkan yaitu, sebagai perpanjangan tangan ke pemerintah pusat lewat pemerintah kota, guna pemenuhan kebutuhan masyarakat.
“Jadi kita itu harus betul-betul bekerja dengan tanggung jawab memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” tandasnya.

Selain menjalankan tugas rutin, lanjut wanita berhijab ini, yang berkaitan dengan administrasi kependudukan, kelurahan juga diharapkan dapat berperan aktif dalam melakukan banyak hal. Salah satunya, melihat pembangunan yang kurang di lingkungan.

“Meningkatkan peran aktif masyarakat dalam partisipasi pembangunan dan pemberdayaan, serta menumbuhkan kembali jiwa gotong royong yang kini dirasakan mulai hilang, juga merupakan wujud tanggung jawab yang harus pihak kami lakukan di lingkungan,” ujarnya.

Bukan hanya itu, kata dia, kelurahan juga harus mampu dalam memetakan berbagai permasalahan. Baik yang berkaitan dengan SDM kelurahan, kondisi sarana prasarana, fasilitas pendidikan, kesehatan, kantong-kantong penduduk miskin fasilitas sosial dan lain-lainnya.

“Kalau pembangunan sarana prasarana banyak yang sudah kita lakukan. Jalan setapak, drainase itu yang kita buat. Kami juga punya program UKM. Dimana kami berikan bantuan bagi pelaku usaha mikro, guna mengembangkan usaha mereka,” jelasnya.
Ia menyampaikan, berbagai bantuan sosial serta pembedayaan masyarakat yang mampu meningkatkan ekonomi warga juga dilakukan oleh pihaknya.

“Ini merupakan kewajiban, tugas dan tanggung jawab kami selaku pihak kelurahan. Kami hadir untuk memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan mereka. Memetakan masalah pembangunan yang ada di kelurahan,” tutup dia. (BKA-2)

Comment