by

Kelurahan Honipopu Masuk Program Kotaku

AMBON-BKA, Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon ditunjuk masuk program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) tahun ini. Ini untuk mempercepat penanganan kawasan permukiman kumuh di wilayah perkotaan.

Lurah Honipopu, Novriel Yusuf menjelaskan, Pogram Kotaku merupakan salah satu upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), ini sekaligus mendukung Gerakan 100-0-100. Yakni 100 persen akses air minum layak, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

“Jadi mereka itu membenahi setiap kawasan kumuh yang ada di lingkungan desa, negeri maupun kelurahan. Agar menjadi lebih baik lagi untuk dihuni,” terangnya, kepada media ini, Kamis (5/8).

Dikatakan, kawasan kumuh yang ada di Kelurahan Honipopu terletak di seputaran pasar lama depan Ambpm Plaza (Amplaz). Kawasan tersebut akan dibenahi dan diperbaiki lebih baik lagi.
“Jadi ini tidak dibangun ulang, tapi dibenahi bagian-bagian yang rusak. Agar terlihat lebih baik lagi,” terangnya.

Baca juga: Desa Nania Dorong Pertanian dan Peternakan

Menurutnya, awalnya ada beberapa titik lokasi di Kelurahan Honipopu yang masuk dalam kawasan kumuh. Salah satunya adalah kawasan di Jalan Baru. Namun kawasan sudah dibenahi, maka juga menjadi salah satu lokasi lingkungan yang kreatif.

“Setiap tahunnya itukan ada karnaval jalan baru yang dibuat. Namun tahun ini tidak ada karena adanya Covid-19. Dulunya kawasan itu merupakan kawasan kumuh. Namun masyatakat bisa mengubahnya menjadi lokasi yang indah dengan berbagai kreatif yanh dilakukan,” pungkasnya (BKA-2)

Comment