by

Kelurahan Kudamati Fokus Penanganan Covid-19

Ambon, BKA- Sekretaris Lurah Kudamati, Tin Siaila saat ditemui koran ini menyampaikan, program yang sedang dijalankan adalah penanganan Covid-19. Terutama untuk keperluan warga, seperti pengaduan dan penerimaan bantuan sosial.

“Kelurahan Kudamati saat ini sementara fokus terkait dengan penanganan Covid-19. Setiap bantuan yang masuk langsung diserahkan kepada masyarakat. Kalau pelayanan yang kami lakukan terhadap warga itu setiap saat. Intinya kami selalu siap melayani keperluan warga, ” tutur Tin.

Sebelum adanya Covid-19, kata Tin, program yang dilakukan yaitu mengenai pembangunan fisik berupa pembangunan talud dan bantuan rumah yang bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Ambon. Program pembangunan ini juga, dijalankan tergantung dengan pengaduan dari RT setempat, kemudian akan ditinjau dan kerjakan.

“Sebelum Covid program pelayanan kita itu terkait dengan kerja sama dengan Dinas tertentu. Misalnya, PU yang konsultasi mengenai pembangunan fisik, yaitu pembangunan talud dan bantuan rumah. Jadi semua tergantung pada usul dari RT yang disampaikan kepada kami untuk ditindak lanjuti. Sedangkan untuk pemberdayaan masyarakat, terkait dengan usaha kecil yang di usulkan lewat proposal kepada Dinas Sosial. Jika ada bantuan, maka kami juga akan menyalurkan kepada warga dalam bentuk alat dan bahan yang diperlukan untuk usaha. Tidak bisa dalam bentuk modal uang tunai karena ditakutkan nanti bisa disalah gunakan oleh warga,” tambahnya.

Ia juga mengakui, sudah ada pengaduan warga yang terindikasi Covid-19. Namun kelurahan langsung dengan cepat menghubungi dinas terkait untuk bisa melakukan penanganan. Setelah di karantina warga yang terindikasi bisa kembali dengan sertifikat sembuh dari Dinas Kesehatan.

“Kalau di Kelurahan Kudamati, sudah ada yang terinfeksi Covid-19. Namun langsung dievakuasi, lalu kemudian dikarantina bahkan sudah kembali dengan sertifikat sembuh,” ungkap Tin.

Dirinya bersama Pemrintah setempat berharap agar kedepannya warga bisa sama-sama dengan pemerintah dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada. ” Saya berharap agar kita kedepannya lebih baik lagi. Terutama dalam menyelesaikan masalah baik itu Covid-19 maupun masalah yang akan dihadapi kedepannya. Bukan saja pemerintah tapi mari warga juga bersama dengan kita dalam mengatasi setiap hal yang terjadi dalam kelurahan ini, agar menjadi lebih baik lagi,” terangnya. (MG-1)

Comment