by

Kelurahan Mangga Dua Bagikan 288 Sembako

Ambon, BKA- Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, membagikan 288 paket sembako kepada warga terdampak Covid-19. Paket sembako berisi beras, minyak kelapa, ikan kaleng, mie instant dan lain sebagainya. Bantuan ini sudah dibagikan sejak bulan april sampai juli terakhir pembagian, pemerintah kelurahan Mangga Dua mengatakan bahwa jika pemerintah kota memberi sembako maka akan langsung disalurkan kepada warga. Persyaratan saat pengambilan sembako yaitu membawa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Setiap nama warga penerima sembako ini berdasarkan data yang diberikan RT setempat.

“Terhitung sejak bulan april hingga terakhir juli ini, untuk setiap bulannya kami membagikan 288 paket sembako. Paket sembako ini berisi beras 5 kilogram, minyak kelapa, ikan kaleng, mie instan, kacang ijo dan sembako lainnya. Sebelumnya kami sudah melakukan pendataan ditingkat RT, jadi setiap nama penerima sembako itu berdasarkan data dari RT. Berbeda dengan BST yang merupakan data dari pusat langsung. Warga yang ingin mengambil sembako harus membawa KK dan KTP, ” tutur Hellen Ritiauw Lurah Mangga Dua.

Ritiauw mengatakan, penerima bantuan sembako yaitu pekerja dengan penghasilan tidak tetap, pegawai swasta yang dirumahkan, dan pekerja yang di PHK. Kelurahan juga menegaskan bahwa setiap penerima bansos hanya berhak menerima satu jenis bantuan saja. Untuk bansos seperti BST ( Bantuan Sosial Tunai ), itu merupakan bansos dari pusat sehingga tidak bisa diubah namanya. Dan Ia berharap agar warga tidak mudah mendengar informasi mengenai bansos dan langsung melakukan pengaduan tanpa konfirmasi dengan kelurahan.

“Jadi bansos ini khusus untuk mereka yang tidak berpenghasilan tetap, pekerja yang di PHK, dan pegawai swasta yang dirumahkan. Tidak ada bansos bagi pensiunan, karena jika yang pensiun mendapat bansos maka yang pegawai juga ingin mendapatkan bantuan juga. Bahkan ada yang melakukan pengaduan tanpa melakukan konfirmasi dulu dengan kami. Saya berharap agar warga lebih bijak dalam menanggapi informasi terutama mengenai bansos yang masuk,” tambahnya.

Ritiauw juga menegaskan, kawasan kelurahan Mangga Dua sampai dengan saat ini masih aman dari covid-19. ” Memang ada data yang menyatakan bahwa ada dua pasien positif covid-19 di kelurahan ini. Namun setelah saya konfirmasi dan telusuri bersama dengan RT setempat, tidak ada pasien covid. Jika ada pasien covid, maka dari puskesmas Kusu-Kusu akan memberitahukan saya. Maka dengan tegas saya nyatakan bahwa kelurahan kami masih bersih dari penyebaran covid-19,” pungkasnya. (MG-1)

Comment