by

Kelurahan Pastikan Penerima UMKM Memiliki Usaha

Ambon, BKA- Pemerintah Kelurahan Urimessing memastikan semua pelaku usaha yang diajukan untuk bantuan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) memang memiliki usaha untuk dijalankan.

Hal ini ditegaskan oleh Cheryl V Tuasuun selaku lurah Urimessing. Setiap nama warga yang diajukan untuk bantuan UMKM, dipastikan memang sedang menjalankan usaha. Kantor kelurahan dalam hal ini bekerja sama dengan RT setempat dalam memastikan data pelaku usaha. Setiap RT diharuskan memberikan keterangan pengajuan yang sesuai dengan fakta dilapangan.

“Saya rasa akan ada pemeriksaan dari dinas koperasi jika bantuan sudah diberikan. Untuk itu saya memastikan setiap nama yang diajukan benar-benar memiliki usaha. Saya berkoordinasi dengan semua RT agar memberikan keterangan pengajuan nama yang real sesuai dengan keadaan warga dilapangan,” pungkas Cheryl V Tuasuun Lurah Urimessing.

Kelurahan Urimessing mengajukan 560 pelaku usaha yang dibagi dalam dua tahap. Pada tahap pertama diajukan 430 dan tahap kedua 130. Pelaku usaha yang diajukan yaitu penjual makanan, pelaku usaha online, tukang ojek dan usaha mikro menengah lainnya. Tuasuun mengakui adanya dua tahap pengajuan disesuaikan dengan permintaan dinas koperasi yang diterima.

“Jadi awalnya kami mengajukan 430 dan sepengetahuan kami ada 120 yang sudah menerima. Kemudian dibuka kembali kuota dari dinas koperasi untuk itu kita kembali mengajukan 130. Tahap pertama itu kami kelurahan mendapat laporan nama yang menerima tetapi pada tahap kedua itu langsung dari pihak bank ke penerima. Kami mengajukan semua usaha menengah dan mikro yang ada mulai dari penjual makanan, usaha online bahkan hingga tukang ojek,” tambahnya.

Tuasuun berharap, agar bantuan UMKM bisa menyentuh dan membantu semua pelaku usaha kecil menengah yang ada.

“Kami berharap semoga bantuan yang diberikan bisa menyentuh pelaku usaha kecil menengah. Apalagi ditengah pandemi seperti ini sangat mendorong ekonomi warga kecil. Mungkin bagi warga ekonomi mampu bantuan ini tidak seberapa. Tapi bagi warga ekonomi lemah yang menjalankan usaha kecil, tentunya bantuan ini sangat membantu,” tutupnya. (MG-1)

Comment