by

Kelurahan Urimessing Kembangkan Produk Lokal

Ambon, BKA- Kelurahan Urimessing, Kecamatan Nusaniwe mengembangkan produk lokal yang diolah dengan berbahan dasar sagu.

Memanfaatkan kekayaan yang dimiliki Maluku, Kelurahan Urimessing menghadirkan inovasi bernilai ekonomi. Kue yang seharusnya berbahan dasar tepung, digantikan menjadi berbahan dasar sagu. Jenis kue pun berbagai macam yang dibuat, misalnya kue kering, brownies dan masij banyak lagi.

Diakui bahwa hal ini bermula dari salah satu ibu rumah tangga yang mempunyai ide dan cara pembuatan tersebut.

“Kami kelurahan mempunyai salah satu keunikan yaitu produksi kue berbahan dasar sagu. Hal ini bermula dari salah satu ibu rumah tangga yang memang memiliki keahlian dalam hal ini, kemudian diajarkan kepada sesama ibu PKK. Kue yang seharusnya berbahan dasar tepung diganti menjadi bahan dasar sagu yang lebih murah dan mudah didapat. Ini merupakan inovasi cerdas bernilai ekonomis,” pungkas Cheryl V Tuasuun lurah Urimessing.

Dalam menanggapi hal ini pihak kelurahan bersifat terbuka dan mendukung. Kedepannya akan diusahakan agar tercipta industri rumahan. Karena hal ini termasuk dalam agenda pemberdayaan masyarakat, kelurahan akan mendukung agar masyarakat luas bisa mengenal produksi warga kelurahan Urimessing ini.

“Karena ini program pemberdayaan jadi kami sedang dalam proses untuk mengangkat hal ini agar dikenal banyak orang. Saya lihat belum banyak ditemukan industri rumahan seperti ini yang juga memuat kekayaan asli Provinsi Maluku. Apalagi hal ini juga bisa meningkatkan ekonomi warga yang turut terlibat dalam hal ini kelak. Pada sistemnya kami kelurahan akan selalu mendukung apapun yang bisa mensejahterakan masyarakat,” tutupnya. (MG-1)

Comment