by

Kemenhan Restui Revitalisasi Benteng Victoria

Ambon, BKA- Rencana revitalisasi Benteng Victoria Ambon, mendapat restu dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI. Selain revitalisasi, relokasi Markas Kodam XVI Pattimura oleh Pemerintah Kota Ambon juga direstui.

Menurut Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI, Letjen TNI Muhammad Herindra, pada prisipnya Kementerian Pertahanan RI menyetujui dan merestui rencana Revitalisasi Benteng Victoria dan Relokasi Markas Kodam XVI Pattimura.

“Kita sudah mendapat informasi, tentang relokasi markas Kodam XVI Pattimura yang baru di Desa Tawiri, tujuan revitalisasi Benteng Victoria juga jelas peruntukkannya. Jadi kami setuju dan dukung rencana tersebut,” kata Wamenhan saat melakukan audiensi bersama Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, di Gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta, Jumat (19/2).

Wamenhan akui, rencana untuk merevitalisasi Benteng Victoria yang sudah ditetapkan lewat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai cagar budaya nasional, guna menarik perhatian wisatawan adalah langkah sangat tepat. Karena dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Revitalisasi ini akan membawa dampak yang positif bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, ini langkah yang tepat dan sangat baik,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy memaparkan, permohonan audiensi bersama Kementerian Pertahanan, merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang sudah dilakukan sebelumnya bersama Kementerian Pekerjaan Umum RI dan beberapa kementerian terkait lainnya.

“Dari hasil audiensi bersama Kementerian PU, kita diminta untuk meminta restu dari Kementerian Pertahanan. Agar selanjutnya rencana revitalisasi dan relokasi tersebut dapat di follow up oleh Kementerian PU,” ucap walikota.
Dijelaskan, setelah memperoleh persetujuan dan restu dari Kemenhan, Pemerintah Kota Ambon dalam waktu dekat akan menyerahkan laporan resmi ke Kantor Staf Kepresidenan. Untuk kemudian ditindaklanjuti melalui rapat koordinasi kementerian dan lembaga.

“Sebelumnya, kita sudah melakukan pertemuan dengan Pak Moeldoko, dan beliau sudah menugaskan deputi 1 untuk menangani kelanjutan prosesnya,” sebutnya.
Untuk revitalisasi itu sendiri, lanjut walikota dua periode ini, akan mengacu pada desain mula-mula Benteng Victoria yang saat ini ada di salah satu museum di Belanda.

“Revitalisasi akan mengikuti desain awal Benteng Victoria. Semacam replikasi dengan mengikuti sketsa yang ada, sehingga nilai sejarah benteng tersebut tetap terjaga,” akuinya.

Atas persetujuan dan restu dari Kementerian Pertahanan RI, walikota Ambon yang dalam audiensi tersebut didampingi oleh Kepala Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Kota Ambon, Enrico Matitaputty, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, Rico Hayat serta Kepala Bagian Komunikasi Pimpinan dan Protokol, A.Mintik menyampaikan terima kasih serta memberikan apresiasi aras atensi yang diberikan.

Diketahui, turut mendampingi Wamenhan dalam audiensi tersebut, Irjen Kemhan, Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana; Dirjen Kuathan, Marsda TNI Ponang Jawoto; Kapus BMN, Laksma TNI Agus Ismanto; dan Karohumas, Brigjen TNI Ignatius Eko Djoko. (IAN/MCAMBON)

Comment