by

Kemenkumham Kenalkan SIPIDU dan E-WAS

Ambon, BKA- Di tengah pandemi Covid-19, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku terus menjalankan berbagai program melalui aplikasi yang dikembangkan, guna mempermudah pelayanan publik. Diantaranya, aplikasi Sistem Informasi Pengaduan Integrasi dan Terpadu (SIPIDU) dan E-WAS.
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Maluku, Andi Nurka didampingi Kepala Divisi Adminstrasi, Agung Rektono Seto memperkenalkan secara rinci aplikasi tersebut kepada seluruh jajarannya secara virtual, Selasa (19/1).

Dalam arannya, Andi menjelaskan, SIPIDU merupakan gabungan tiga aplikasi yakni Whistle Blowing System (WBS), Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG), dan SMS Gateway yang dilakukan selama ini secara manual, kini sudah melalui sistem elektronik.

Sedangkan E-WAS, merupakan aplikasi pengaduan online berbasis android, yang memiliki tujuan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi pelayanan yang ada di Kemenkumham. Dan juga mempermudah masyarakat untuk mengirimkan pengaduan. “Selain itu juga dapat mewujudkan kerja secara profesional, akuntabel, sinergi, transparan dan Inovatif,” tandas Andi.

Dijelaskan, aplikasi itu disebut terpadu, karena pengelolaan pengaduan satu pintu yang dikelola oleh Inspektorat Jenderal (Itjen), akses unit utama, akses Kantor Wilayah (Kanwil) dan akses Unit Pelaksana Teknis (UPT). (LAM)

Comment