by

Kemenkumham Maluku Bentuk Desa Sadar Hukum

AMBON-BKA, Guna meningkatkan kesadaran hukum dan budaya hukum di tengah masyarakat, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, melalui Divisi Pelayanan Hukum dan HAM melakukan pembentukan Desa Sadar Hukum.

Selain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, juga untuk mengetahui akan hak dan kewajibannya sebagai warga Negara Indonesia, serta memahami dan mentaati hukum yang berlaku.

Baca: Pimti Kemenkumham Maluku Sosialisasi Kebijakan Baru

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yang dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Hukum, Mezak A. Batlajery, pada dua titik lokasi yang berbeda. Yakni Kelurahan Benteng, RT.001/RW.006, RT.002/RW.006, RT.001/RW.005 dan Desa Passo RT.011/RW.003, RT.012/RW.003, dan RT.013/RW.003.

Lewat rilis Humas Kemenkumham Maluku, Jumat (30/7), Mezak mengatakan, kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 26-28 Juli 2021 kemarin, dilaksanakan sesuai Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional, nomor: PHN-05.HN.04.04 tahun 2017, tentang Perubahan Kriteria Penilaian Desa/Kelurahan Sadar Hukum.

“Proses dan prosedur pembentukan Desa atau Kelurahan sadar hukum, ditetapkan melalui proses pembinaan. Yang kemudian diusulkan oleh camat kepada bupati atau walikota. Untuk mendapat surat keputusan menjadi desa atau kelurahan binaan, yang secara kontinyu dibina,” terangnya.

Menurutnya, apabila telah memenuhi kriteria, maka akan ditetapkan oleh gubernur menjadi desa/kelurahan sadar hukum, atas usulan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham dan Bupati/Walikota.

“Dan tahap akhirnya, adalah peresmian desa atau kelurahan sadar hukum tersebut, oleh Menteri Hukum dan HAM RI. Serta pemberian penghargaan Anubhawa Sasana Desa atau Anubhawa Sasana Kelurahan,” sebutnya.

Baca: Tengki Septik Desa Namtabung Bau Korupsi

Dikatakan, untuk tetap menjaga eksistensi Desa/Kelurahan sadar hukum, perlu dilakukan melalui cara temu sadar hukum, lomba keluarga sadar hukum, simulasi hukum serta penyuluhan-penyuluhan hukum yang dilakukan secara berkelanjutan. (UPE)

Comment