by

Kemenkumham Maluku Deklarasi Zero Handphone

beritakotaambon.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, melalui Divisi Pemasyarakatan menggelar apel Deklarasi Perang terhadap alat komunikasi ilegal atau Zero Handphone, di halaman Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Ambon, Sabtu (25/9).

Diketahui, dalam apel Deklarasi Zero Handphone itu, dirangkai dengan pemusnahan barang sitaan hasil penggeledahan blok dan kamar hunian Warga Binaan pemasyarakatan (WBP), berupa handphone. Sebagai aksi yang dilakukan Lapas Ambon, dalam mewujudkan Zero Handphone.

Deklarasi Zero Handphone ini, merupakan tindak lanjut Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) nomor: PAS.PK.02.10.01-1147 tanggal 19 September 2021. Perihal, langkah progressive sebagai tindak lanjut atas penertiban jaringan listrik, handphone dan peningkatan kewaspadaan keamanan dan ketertiban pada UPT Pemasyarakatan.

Apel deklarasi itu, dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Maluku, Saiful Sahri dan terpusat di Lapas Kelas II Ambon. Turut hadir dalam apel tersebut, Kepala Divisi Administrasi, Agung Rektono Seto.

Baca juga: P2HAM Kemenkumham Maluku Tinjau Rutan Masohi

Terlihat seluruh petugas Lapas Ambon, tanpa terkecuali melakukan penanda tanganan deklarasi zero handphone.

Dalam arahannya, Saiful Sahri mengharapkan, apel deklarasi itu sebagai bentuk komitmen jajaran Pemasyarakatan Maluku dalam perang melawan handphone.

“Apa yang terkadung dalam Deklrasi Zero Handphone, dapat dicerminkan dalam pelaksanaan tugas kita sehari-hari. Semoga kita selalu konsisten dan komitmen terhadap apa yang sudah diikrarkan. Jangan pernah menjadi penghianat di organisasi ini,” pesan Saiful, lewat rilis Humas Kemenkumham Maluku, kepada media ini.

Pada kesempatan tersebut, Alumni Akademi Ilmu Pemasyarakatan ke 29 ini berpesan, agar upaya-upaya insidentil deteksi dini terus ditingkatkan. Guna mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas.

Baca juga:
Kemenkumham Maluku Lakukan Verifikasi Lapangan

Hal Senada disampaikan Kepala Divisi Administasi, Agung Rektono Seto. Ia berharap, seluruh petugas Pemasyarakatan pada jajaran Kemenkumham Maluku dapat mengimplementasikan apa yang diikrarkan dalam pelaksanaan tugas tersebut. Bahkan harus mematuhi aturan yang berlaku.

“Apabila ada petugas yang diketahui melanggar aturan, akan segera ditindak lanjuti sebagaimana peraturan yang berlaku,” tegas Agung. (UPE)

Comment