by

Kemenkumham Maluku Edukasi Pencegahan Pelanggaran KI

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku gelar edukasi tentang pencegahan pelanggaran Kekayaan Intelektual (KI) dengan instansi terkait di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), di Balai Pembinaan Umat Sejahtera, Saumlaki, Jumat (18/6).

Kegiatan dengan tema “Membangun Kesadaran Bersama Untuk Mencegah Masalah Hukum di Bidang Kekayaan Intelektual”, dibuka oleh Kadis Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Transmigrasi KKT, Ambrosius P. Sabono.
Dalam sambutannya, Ambrosius mengatakan, KI ini mempunyai perlindungan hukum berupa sistem kepemilikan yang merupakan penghargaan (reward) atau ekspresi kepribadian atau perangsang (incentive) bagi pencipta, inventor atau pendesain atas pengorbanannya dalam menghasilkan kreasi intelektual yang memiliki implikasi finansial yang signifikan.
Menurut dia, di KKT banyak potensi KI yang seharusya didaftarkan, guna mendapatkan perlindungan hukum agar diakui oleh orang lain.

“Sangat disayangkan apabila kita mempunyai banyak potensi yang mestinya dijadikan Kekayaan Intelektual Endemik Kabupaten Kepulauan Tanimbar, namun Namun tidak bisa didaftarkan. Sehingga tidak diakui sebagai Kekayaan Intelektual, terangnya.

Ia juga menegaskan, di KKT khususnya Dinas Koperasi tidak henti-hentinya mendorong stakeholder terkait, ODP terkait, pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar mau mendaftarkan Karya Intelektualnya yang dimiliki untuk mendapatkan perlindungan hukum.

Akhiri sambutan, Ambrosius menambahkan, pemerintah setempat percaya Kemenkumham Maluku akan selalu berupaya keras memperjuangkan Kekayaan Intelektual di KKT untuk mendapatkan perlindungan hukum.
“Ayo wujudkan pendaftaran kekayaan intelektual yang dimiliki, guna melindungi setiap potensi kekayaan intelektual untuk menunjang peningkatan perekonomian di KKT yang lebih sejahtera,” ajak dia.

Selanjutnya, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh 2 pemateri yaitu Dr. Teng Berlianty, SH.,M.Hum dengan judul materi Pencegahan Pelanggaran Kekayaan Intelektual. Dan Aipda Larry W.N Nussy, SH dengan judul materi Penerapan Sangksi Atas Pelanggaran Kekayaan Intelektual, dengan dimoderatori oleh Kepala Sub Bidang Pelayanan Kekayaan Intelektual Kanwil Kemenkumham Maluku, Masyud Tualeka. (UPE)

Comment