by

Kemenkumham Maluku Gelar Supervisi Renstra UPT

Ambon, BKA- Untuk pertama kali, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku melakukan kegiatan supervisi rencana strategi (Renstra) Unit Pelaksana Teknis (UPT) bagi jajaran kerjanya.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Maluku, Rabu, (24/2), yang dibuka oleh Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kemenkumham Maluku, Agung Rektono Seto.

Saat membuka kegiatan, Seto mengatkan, supervisi renstra UPT itu merupakan hal baru yang dilaksanakan oleh Kanwil Kemenkumham Maluku bagi jajarannya. Agar dalam perencanaan kedepan benar-benar dapat memperhatikan output dan outcome dari setiap program, apakah berkualitas atau tidak.

“Kita harus benar-benar mengetahui dampak dari program yang direncanakan, baik dampak jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang. Hasilnya nanti dapat berupa dokumen perencanaan pembangunan dibidang Hukum dan HAM yang lebih spesifik dan operasional, serta berisi rancangan program dan kegiatan dengan kinerja terukur, berdasarkan anggaran dalam jangka menengah,” ujarnya

Karena menurut Seto, renstra merupakan faktor penentu dalam mencapai keberhasilan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Dimana Untuk mencapai keberhasilan tersebut, perlu sebuah proses dalam merencanakan atau merancang sebuah program kerja secara tersistem dengan berbagai konsep yang tepat sasaran

“Poses penyusunan renstra harus tepat sasaran dan berdasarkan kaidah. Jangan memakai asumsi agar tidak melenceng dari aturan yang berlaku,” tandas Seto.

Untuk mencapai hal itu, Seto meminta seluruh peserta kegiatan, baik yang hadir secara langsung maupun secara virtual untuk serius mengikuti kegiatan yang berlangsung selama dua hari mendatang, yakni tanggal 24-26 Februari 2021. Agar dapat memahami setiap materi yang diberikan, guna menghasilkan renstra yang berkualitas.

“Saya minta agar saudara-saudari dapat dengan serius mengikuti kegiatan yang dilakukan ini. Apalagi ini baru pertama kali dilakukan. Supaya pada saatnya renstra disusun benar-benar berkualitas,” pintanya

Untuk diketahui, Kegiatan itu meghadirkan narasumber dari Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kemenkumham Maluku, yakni Kepala Bagian Program dan Anggaran, Rahmi Widhiyanti. (LAM)

Comment