by

Kemenkumham Maluku Ikut Penyampaian P2HAM

Guna meningkatkan kualitas layanan publik sesuai dengan prinsip-prinsip HAM pada Unit Kerja di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Kanwil Kemenkumham Maluku ikutu kegiatan penyampaian Rancangan Permenkumham P2HAM oleh Ditjen HAM, Jumat (9/7).

Kegiatan tersebut diikuti secara virtual oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, didamping Kepala Divisi Administrasi, Agung Rektono, Kepala Bagian Umum, La Margono, dan para staff dari bidang HAM secara virtual.

Rapat tersebut dipimpin Kasie Penyiapan Sipol Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia (HAM), Sari Puspitawaty sebagai narasumber, mewakili Kasubdit Instrumen Hak Sipil dan Politik.

Sari mengatakan, penghargaan P2HAM diberikan satu tahun sekali dan selanjutnya dilakukan pengawasan untuk mempertahankan, sekaligus meningkatkan kinerja. Dimana peserta yang sudah mendapatkan prestasi di tingkat awal, tidak dinilai lagi. Tetapi ditingkatkan menjadi pembinaan dan pengawasan.

Diharapkan agar kegiatan pembentukan P2HAM bisa bersinergi dengan kegiatan pada bidang HAM di kanwil maupun di unit satuan kerja di bawahnya, pinta Sari, lewat rilis Kemenkumham Maluku, kepada koran ini.

Sari juga menuturkan bahwa nanti akan disiapkan petugas yang dibekali dengan pengetahuan berbahasa isyarat. Pegawai yang ditunjuk sebagai perwakilan dari setiap unit kerja akan diberikan pelatihan berbahasa isyarat. Sehingga dapat juga memberikan penjelasan kepada pengguna layanan dalam bahasa isyarat, sebutnya.

Sari juga berharap, dengan berbagai masukan dari peserta rapat, dapat menjadikan rancangan Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) ini menjadi lebih baik dan sempurna untuk dijadikan pedoman dalam memberikan pelayanan publik.

Tujuan kegiatan ini dilaksanakan, adalah untuk penyampaian Rancangan Permenkumham P2HAM beserta kriterianya. Agar mendapat masukan dan saran, guna menunjang peningkatan pelayanan publik berbasis HAM pada Unit Kerja di lingkungan Kemenkumham. (UPE).

Comment