by

Kemenkumham Maluku Ikut Sosialisasi Ekspose Database

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku mengikuti rapat Sosialisasi Ekspose Database dan Pemanfaatan Sistim Informasi Penelitian Hukum dan HAM (Sipkumham) secara virtual, Rabu (19/5).

Kakanwil Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, lewat rilisnya kepada koran ini menyebutkan, rapat tersebut dilakukan sebagai pelaksanaan aksi perubahan pengembangan Sipkumham dengan pembangunan database isu Kemenkumham.

“Guna mendukung optimalisasi pembuatan kebijakan berbasis bukti, diperlukan Sosialisasi Ekspose Database dan Pemanfaatan Sistem,” terang Andi.

Dijelaskan, sistem ini dapat diakses oleh masing-masing penanggung jawab operator, dari masing-masing Unit Utama dan Kantor Wilayah sebagai layanan database.

“Sistem ini akan mendata secara otomatis pemberitaan terkait dengan kinerja Kementerian Hukum dan HAM dalam masyarakat. Sistem ini akan membagi berita menjadi tiga yaitu, berita netral, positif, dan negatif,” terangnya.

Ia menambahkan, peserta kegiatan sosialisasi tersebut berasal dari perwakilan Inspektorat Jenderal, perwakilan Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan, perwakilan Ditjen KI, perwakilan Ditjen AHU, Kepala Bidang HAM di seluruh kantor wilayah dan seluruh pejabat bidang HAM seluruh Indonesia yang mengikuti secara virtual. (UPE)

Comment