by

Kemenkumham Maluku Peringati Hari Pahlawan

Ambon, BKA- Turut mengenang jasa para pahlawan, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku memperingati Hari Pahlawan, Selasa (10/11). Peringatan Hari Pahlawan ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena dalam kondisi pandemi Covid-19.

Dimana pelaksanaan upacara, dilakukan secara virtual dan disesuaikan dengan layout yang telah ditentukan. Bagi pegawai yang melaksanakan tugas kedinasan di kantor (WFO) wajin mengikuti secara virtual. Sedangkan bagi pegawai yang melaksanakan tugas kedinasan dari rumah (WFH), diharuskan mengikuti upacara secara live streaming serta mendokumentasikan pelaksanaan upacara dimaksud.

Upacara tersebut digelar langsung dari aula Oemar Seno Adji lantai 18, Direktorat Jenderal KI Gedung Ex. Sentra Mulia. Dan bertindak sebagai inspektur upacara adalah Direktur Jenderal kekayaan Intelektual (Dirjen KI) Freddy Harris, dengan mengusung tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”.

Meski di tengah masa pandemi Covid-19 ini, jumlah peserta terbatas dan disesuaikan dengan protokol kesehatan. Peringatan Hari Pahlawan tersebut juga berlangsung khidmat.

Sebagai wujud semangat pahlawan masa kini, yang terinspirasi dan termotivasi, untuk meneruskan perjuangan tanpa mengangkat senjata untuk melawan berbagai permasalahan bangsa. Seperti melawan kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan juga berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia.

Amanat menteri Sosial RI, yang disampaikan Freddy Harris, bahwa nilai-nilai kepahlawanan harus terus dipupuk dan dirawat. Agar dapat tumbuh bersemi didalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia. Serta semangat kepahlawanan yang terus menyala, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya mengisi kemerdekaan guna mewujudkan cita-cita para pendiri negeri ini.

Freddy juga meminta, seluruh jajaran Kemenkumham dapat menunjukan kontribusi kepada bangsa dan negara. Dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesame, serta saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

“Perjuangan para pahlawan harus terus dilanjutkan. Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini. Mari bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun negeri. Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia” ajak Fredy, lewat rilis yang disampaikan Humas Kemenekumham Maluku.

Freddy juga menghimbau, untuk tetap berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan. Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Sukarno yang menyatakan bahwa, “hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”. (LAM)

Comment