by

Kemenkumham Maluku Pra Rekonsiliasi Laporan Keuangan

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku gelar kegiatan pra rekonsilisasi laporan keuangan semester 1 tahun 2021, tingkat Kanwil dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Kanwil Kemenkumham Maluku TA 2021.

Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom, pada aula Kanwil Kemenkumham Maluku dan dihadiri seluruh peserta tiap UPT, Rabu (7/7). Yang dibuka oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, didampingi Kadiv Administrasi, Agung Rektono Seto, dan Kabag Umum, La Margono.

Pra Rekonsiliasi laporan keuangan memiliki nilai yang sangat penting dan strategis. Karena ini adalah bagian dari mekanisme dan fasilitasi penyusunan dan penyampaian laporan keuangan kementerian-lembaga. Ini juga menjadi wahana untuk menyamakan presepsi dalam pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan laporan keuangan Kemenkumham oleh BPK RI, terang Andi, lewat rilisnya kepada Koran ini.

Dirinya menilai, kegiatan pra rekonsiliasi ini sebelumnya telah dilakukan pendampingan pada tanggal 2-3 Juli 2021 pekan kemarin. Dan dari hasil pendampingan itu, terdapat perbaikan umum pada Aplikasi SAIBA serta penyesuaian neraca pada aplikasi SIMAK BMN, dalam pembuatan jurnal akun umum dan akun covid.

Juni lalu, kementerian kita sudah dilakukan pemeriksaan keuangan oleh BPK RI dengan opini WTP. Yang tentu saja merupakan hasil dari perjuangan dan pengorbanan kita semua. Karena itu, kedepannya saya harapkan peningkatan akuntabilitas dengan pemanfaatan SDM sumber CPNS yang telah ada di masing-masing UPT. Sehingga tidak ada lagi pegawai yang merangkap semua aplikasi, agar semua pekerjaan bisa sesuai dengan peruntukannya, pesan Andi. (UPE)

Comment