by

Kemenparekraf Susun Roadmap Kota Musik

Ambon, BKA- Roadmap Kota Musik untuk Kota Ambon, mulai disusun oleh Kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif (Kemenparkraf) melalui Direktorat Kelembagaan Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi antara Kemenparkraf dan Dinas Pariwisata Kota Ambon, yang berlangsung di Manise Hotel, Senin (9/11).

Untuk diketahui, Penyusunan roadmap Kota Musik Ambon itu melibatkan unsur Pentaheliks yakni pemerintah, komunitas/masyarakat, akademisi, dunia usaha, dan juga media sebagai kekuatan untuk meningkatkan potensi yang ada.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon, Rico Hayat mengaku, sejak Ambon ditetapkan sebagai Kota Musik Dunia oleh UNESCO, maka roadmapnya secara otomatis harus disusun, guna mengantisipasi kelembagaan yang ada.

“Ini harus ada kolaborasi dari Pentahelix untuk mencari solusi dalam mendukung Ambon sebagai Kota Musik,” terang Rico.

Menurut dia, banyak yang di diskusikan dalam forum tersebut, agar kemudian bisa melengkapi berbagai kekurangan yang ada dalam mendukung Ambon Kota Musik. Hal ini menjadi tanggungjawab pemerintah maupun komunitas atau unsur pentahelix.

“Roadmap ini penting sekali, kita harus kumpul untuk merumuskan berbagai hal untuk pengembangan musik kita kedepan. Sehingga butuh masukan dari unsur pentahelix,” tandas dia.

Kegiatan ini juga merupakan program pemerintah dalam menjaring kota kreatif yang ada di Indonesia, salah satunya di Kota Ambon.

“Ini juga merupakan satu langkah perintah melalui Kemenparkraf dalam rangka mendukung Ambon sebagai Kota Musik Dunia,” pungkasnya. (BKA-1)

Comment