by

Kemensetneg Keluarkan Juknis Peringatan HUT RI

AMBON-BKA, Pemerintah Kota Ambon siap menindaklanjuti petunjuk teknis (juknis) yang dikeluarkan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) RI, terkait peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-76 tahun.

Juknis perayaan HUT 17 Agustus ini, wajib diikuti seluruh pemerintah daerah, termasuk Pemerintah Kota Ambon untuk melakukan pengibaran Bendera Merah Putih secara serentak.

“Juknis Sekretariat Negara, bahwasanya pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan serentak di seluruh Indonesia,” terang Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ambon, Richard Luhukay, Selasa (3/8).

Baca juga: Indomaret Buka Point Coffee di Kawasan Poka

Menurut Luhukay, ada beberapa bagian terkait dengan pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Negara, yang bisa diikuti secara virtual oleh kepala-kepala daerah di republik ini.

“Secara keseluruhan juknis itu sebenarnya hampir mirip dengan juknis tahun kemarin. Jadi dengan demikian, kalau di Kota Ambon sendiri kemungkinan besar kita akan lakukan seperti tahun kemarin,” jelasnya.

Dijelaskan, pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI di kota Ambon akan, akan tetap dilakukan pembatasan peserta. “Pembatasan walaupun perayaan dilakukan langsung sebelum di Jakarta,” terangnya.

Kata dia, semua ini sesuai dengan juknis dimaksud. “Yang ada itu, setiap orang akan diam dan berhenti seketika saat dibunyikan sirene untuk memperingati detik-detik proklamasi,” sebutnya.

Luhukay menambahkan, dalam Juknis itu tidak mengalami perubahan dengan juknis di tahun 2020 kemarin. “Dan kalau terkait waktu, itu saya rasa menyesuaikan dengan waktu kondisi setempat karena pandemi,” ujarnya.

Meski demikian, sebut dia, hal itu perlu dikoordinasikan ke Walikota Ambon, Richard Louhenapessy. “Hal ini masih dalam kordinasi dulu, karena walikota sementara masih dirawat,” pungkasnya. (IAN)

Comment