by

Kepala Bappenas Tinjau PPN Kota Tual

Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa, meninjau Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kota Tual, Provinsi Maluku, Jumat (18/6).

Gubernur Maluku, Murad Ismail, yang turut mendampingi Kepala Bappenas, mengungkapkan, bila Maluku telah mengekspor Ikan Tuna ke Narita, Jepang.

Tahapan ekspor pun tidak lagi transit di Kota Manado, ungkapnya, melainkan langsung menuju kota tujuan ekspor, menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Sementara itu, Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, menginginkan, Maluku harus mempunyai Internasional Fish Market (IFM).
Hanya dengan cara itulah, terangnya, pemerintah bisa memberikan persetujuan (izin) kepada kapal asing untuk masuk ke perairan nasional. Saat keluar dari perairan pun, kapal asing tak akan dibiarkan keluar begitu saja. Ikan hasil tangkapan wajib dibawa ke IFM. Dengan begitu, pemerintah akan tahu berapa banyak hasil tangkapan.

“Nah, selama ini itu tidak terjadi. Di seluruh dunia, IFM adalah palang pintu pertama. Jadi kalau mereka masuk dan keluar tidak lewat IFM, maka itu akan dianggap ilegal fishing. Itu inti yang saya sampaikan kepada Menteri KKP Tranggono,” jelas Kepala Bappenas.

Usai meninjau PPN Kota Tual, Kepala Bappenas, Gubernur Maluku bersama rombongan, meninjau pulau-pulau yang terletak di utara kepulauan Kei Kecil, diantaranya Pulau Adranan. (RHM)

Comment