by

Kepsek Tak Bayar Honor Guru Akan Diganti

Ambon, BKA- Plt Kadis Pendidikan Provinsi Maluku, Dr.Insun Sangadji, mengancam, akan mengganti Kepala Sekolah (Kepsek) tingkat SMA/SMK yang bandel membayar honor guru yang sudah melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawabnya.

“Sekolah harus membayar guru honor penugasan sesuai dengan juknis atau disesuaikan dengan keadaaan besar dana BOS. Jika ada kepsek yang masih bandel dan enggan untuk membayar honor guru, saya akan ganti Kepsek itu,” tegas Sangadji, Senin(3/5).

Ketegasan itu disampaikan Sangadji karena adannya puluhan guru penugasan di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yang mengeluh ke DPRD, karena gajinya tidak mau dibayar Kepsek, padahal mereka sudah melaksanakan tugasnya.

Tentu saja keluhan guru tersebut tidak boleh disepelekan, sebab sesuai arahan maupun juknis, 50 persen dari dana BOS dapat digunakan untuk kesejahteraan guru, termasuk untuk membayar upah guru honor.

“Kenapa tidak, kan Menteri sudah mengisyratkan kalau itu bisa digunakan untuk bayar gaji guru honor, jadi kami kan tidak meminta harus penggunaan dana BOS sampai 50 persen. Sehingga diminta agar guru penugasan yang ada agar tidak perlu khawatir, karena dinas akan mengawasi sekolah dalam pembayaran gaji honor guru. Jika tidak membayar sesuai dengan yang sudah ditentukan lewat juknis, maka tidak segan-segan untuk diganti dengan yang lain,” tegsnya.(RHM)

Comment