by

Kerepotan Jika Tidak Bijak Atur Penggunaan BOS

Ambon, BKA- Pemerintah telah memberikan kewenangan kepada Satuan Pendidikan (SP), untuk menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi pencegahan dan penanganan Covid-19.

Untuk itu, sekolah mesti berhati-hati dalam mengelola anggaran tersebut, sebab akan merepotkan saat penyusunan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) jika penggunaannya tidak diatur secara baik.

Menurut Kepala SD Negeri 2 Latuhalat, C. Tlingkery, penggunaan serta pelaporan dana BOS memang tetap mengacu pada 8 standart. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Formatnya tidak berbeda. Tetap sama, karena masih tetap dengan 8 standart yang sudah diatur. Bahwa dengan adanya Covid-19, lalu sebagian dana BOS memang dipakai untuk keperluan Covid-19. Tinggal kita sisipkan penggunaan anggaran Covid dalam pelaporan itu,” ujar Tlingkery, Selasa (20/4).

Pokoknya, tergantung kebijakan sekolah saja. Jika sekolah bijak mengatur, maka akan memudahkan dalam proses penyusunan LPJ.

“Jadi harus bijak-bijak juga untuk pengelolahan dana BOS itu. Karena diserahkan ke sekolah untuk ambil kebijakan. Jadi kalau tidak bijak, maka akan kerepotan. Puji Tuhan, sampai saat ini, SD 2 Latuhalat pelaporanya aman-aman saja,” pungkas Tlingkery. (LAM)

Comment