by

Kerja Bakti Jadi Semangat Masyarakat Desa Jamilu

Ambon, BKA- Salah satu program Pemerintah Desa Jamilu, Kecamatan Namlea, yakni “Pola Hidup Bersih dan Sehat”.

Untuk mewujudkan prgram tersebut, Pemerintah Desa (Pemdes) Jamilu bersama masyarakat menggelar kerja bakti membersihkan lingkungan. Seperti yang mereka lakukan 11 April lalu.

Dibawah pimpinan Penjabat Kepala Desa Jamilu, Bakri Ismail, masyarakat bersama-sama melakukan pembersihan di areal Masjid Baitur Rahman.

Sungguh diluar ekspektasi, kata Bakri, masyarakat yang terlibat pada kerja bakti tersebut sangat banyak. Jumlahnya lebih banyak dibanding kerja bakti pekan-pekan sebelumnya.

“Masyarakat begitu antusias dalam kegiatan itu, hal itu sangat tercermin dari banyaknya masyarakat yang hadir. Diperkirakan seribu orang yang datang bekerja bakti, ” kata Bakri, BeritaKota Ambon, Senin (19/4).

Memang, ungkapnya, untuk mewujudkan program desa “Pola Hidup bersih dan Sehat”, setiap pekan dilakukan kerja bakti. Hal itu sudah diprogramkan sejak awal 2021 lalu.

“Baru kali ini memang sangat banyak yang ikut serta dalam kerja bakti itu. Berbeda dengan waktu yang sebelumnya, paling banyak itu cuma puluhan orang saja,” katanya.

Menurutnya, masyarakat Desa Jamilu, sejak dulu memang sudah terbiasa dengan karakter yang hidup bergotong royong. Budaya ini memang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia, sebagai bangunan sosial ekonomi masyarakat.

Hal tersebut dapat dilihat ketika ada acara-acara adat, seperti acara pernikahan, acara sunatan, kerja bakti bersama, maupun acara syukuran lainnya.

“Memang kalau di desa kami khususnya Jamilu itu begitu. Kalau ada acara-acara besar adat bagitu, atau seperti kerja bakti kemarin, itu banyak sekali yang datang. Semuanya terpanggil dengan sendirinya. Ini sudah menjadi ciri khas desa kami, ” pungkas Basri. (MG-1).

Comment