by

Kerjasama Guru dan Orangtua Perlu Ditingkatkan

Wakil Kepala SD Negeri 1 Galala, Daniel Erupley, mengungkapkan, kerja sama antara guru dan orangtua masih perlu ditingkatkan untuk mengawasi siswa, agar tetap belajar di rumah.

Sebab hingga saat ini, proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih tetap berlanjut, akibat masih adanya penyebaran pandemi Covid-19.

Hal itu penting untuk ditingkatkan, katanya, karena saat ini, siswa mulai jenuh dengan proses Belajar Dari Rumah (BDR) yang dilakukan sejak Maret 2020 lalu.

“Memang diawal-awal pandemi, kita sudah lakukan pertemuan dengan orangtua. Kita telah sepakat untuk bersama-sama mendukung PJJ atau BDR ini. Tapi hingga sekarang ini kan masih tetap PJJ, belum belajar tatap muka. Jadi harus harus terus bangun koordinasi, agar kerjasama tetap terjaga. Sebab percuma guru menyiapkan materi dengan baik, kalau orangtua sudah jenuh mendampingi anak belajar di rumah,” ungkap Erupley, Rabu (19/5).

Akibat pandemi Covid-19, katanya, guru mengalami keterbatasan dalam mendidik dan membina siswa. Sehingga orangtua tidak bisa sepenuhnya berharap kepada guru selama PJJ dilakukan.

“Bukan berarti guru hanya siap materi pelajaran saja, lalu selanjutnya orangtua yang bertanggungjawab. Tapi kita kerjasama. Dalam waktu dekat, sudah ujian naik kelas. Karena itu, kita terus berharap kerjasama yang baik untuk selesaikan agenda akademik di tahun ajaran 2020/2021,” harapnya

Dia mengaku, tidak semua orangtua menjalankan peran dengan maksimal, karena kesibukan pekerjaan mereka. Namun diharapkan, orangtua dapat meluangkan waktu untuk melihat perkembangan belajar anak di rumah.

“Itu yang kita harapkan dari upaya tingatkan kerjasama dengan orangtua. Tidak bisa dihindari, ada saja kendala. Tapi ketika ada kerjasama yang baik, saya kira itu bisa diatasi bersama. Semoga terus ada kerjasama demi masa depan anak-anak kita,” tandas Erupley.(LAM)

Comment