by

Kesbangpol : Regulasi Terkait Pilwakot Sesuai Pempus

Ambon, BKA- Dalam membuat regulasi terkait Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Ambon, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Ambon akan mengikuti aturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat (Pempus). Demikian disampaikan Plt Kepala Badan Kesbangpol Kota Ambon, Yan Suitella, Sabtu (6/2).

Menurut Suitella, jika nantinya ada perubahan aturan terkait denga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2022, maka pihaknya akan siapkan data-data partai politik dan organisasi kemasyarakatan sebagai langkah awal.

Setelah itu, sambung dia, pihaknya juga akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Forum Intelegen Daerah maupun KPU, terkait aturan-aturan untuk mengantisipasi isu-isu yang berkembang.

“Kita akan antisipasi lebih awal. Itu saja dulu langkah awal terkait dengan kegiatan di badan kesatuan bangsa dan politik (Kesbagnpol) kota Ambon. Kita sesuai dengan regulasi yang berkembang di pusat. Kalau memang keputusan dari legislatif 2022, otomatis kita harus mempersiapkan diri untuk pilkada di tahun 2022,” paparnya.

Suitella mengaku, sementara ini pihaknya juga mempersiapkan hal-hal terkait tugas pokok dan tanggung jawab di badan kesbangpol. Sebagai langkah awal yang mungkin dipersiapkan mengantisipasi dengan program-program kerja di tahun 2021.

“Yang pertama konsolidasi dengan bidang-bidang terkait. Ada tiga bidang di kesbampol yaitu pengawasan kebangsaan, bidang politik dalam negeri dan bidang kewaspadaan nasional serta penanganan konflik. Sehingga langkah awal konsolidasi dengan bidang-bidang,” imbuh dia.

Selain itu, pihaknya juga akan membangun kerja sama dengan Forkompinda Kota Ambon. Kemudian meersiapkan data terkait dengan organisasi-organisasi politik maupun kemasyarakatan dan engantisipasi perubahan regulasi yang terjadi. (IAN)

Comment