by

Kesehatan Masyarakat Akan Dipantau Satgas

Ambon, BKA- Untuk menekan angka kematian pasien Covid-19 di kota Ambon, Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, kedepan akan melihat kondisi kesehatan masyarakat. Dengan memfungsikan seluruh Satgas yang ada di desa/negeri dan lurah.

Satgas tersebut nantinya akan difungsikan untuk menanyakan langsung kondisi masyarakat. Apabila tidak sehat, maka langsung dirujuk ke Fasilitas Kesehatan terdekat, guna diberikan pengobatan.

Tujuan ini menanggapi Kota bertajuk Manise yang saat ini kembali memprihatinkan lantaran masuk ke zona merah (tinggi) penyebaran Covid-19 dengan scoring zonasi 1.76.
“Sedang kita upayakan, untuk identifikasi kesehatan masyarakat, khususnya bagi warga yang kondisinya kurang bagus,” ungkap Juru Bicara, Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz, Kamis (18/2).

Menurutnya, terhitung sejak tanggal 14 Februari 2021, Kota Ambon harus kembali menyandang status zona merah, menyusul banyaknya pasien positif corona yang meninggal dunia dalam beberapa waktu terakhir.

“Makanya itu, kita harus identifikasi kesehatan masyarakat. Agar, mereka yang kondisinya kurang sehat bisa ditangani lebih awal. Jangan sampai sudah parah baru mau ke rumah sakit,” terang Joy.

Kata dia, pihaknya telah melakukan pertemuan bersama semua pihak mulai dari kecamatan, kelurahan, kepala desa, RT/RW untuk mendata semua warga, guna mengidentifikasi kondisi kesehatan mereka.

“Dinas Kesehatan Kota Ambon, melalui seluruh Puskesmas telah melakukan pertemuan. Kalau tidak dengan cara ini, maka kesehatan warga akan sulit untuk diidentifikasi,” jelasnya.

Tambah dia, kebanyakan masyarakat yang telah jatuh sakit, takut rujuk ke Fasilitas Kesehatan terdekat. Sehingga membuat angka kematian pasien Covid-19.
“Fakta yang terjadi saat ini adalah, masyarakat tunggu kondisi kesehatannya parah dulu baru mau periksa ke RS. Itulah yang menjadi penyebab, angka kematian di Kota Ambon terus terjadi,” sebutnya.

Untuk itu, Joy berharap kedepan masyarakat yang sudah sakit, harus secepatnya melakukan rujukan ke Fasilitas Kesehatan terdekat. Dengan begitu mereka bisa diperiksa dan diobati. (IAN).

Comment