by

Kesejahteraan Guru Honor Perlu Diperhatikan

Ambon, BKA- Kepala SD Negeri Negeri Lama Passo, S. Wacano, meminta pemerintah agar memperhatikan kesejahteraan guru honorer.

Hal itu disampaikannya, mengingat, selama para guru honorer ini bertugas, mereka hanya dibayar dari dana BOS. Itu pun hanya seberapa. Tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari. Sehingga perlu perhatian pemerintah, guna menjawab kebutuhan mereka.

“Memang dengan adanya aturan-aturan yang baru sekarang ini, guru-guru honor mulai mendapat perhatian. Namun kita berharap, tidak hanya sebatas bantuan pulsa atau Bantuan Subsidi Upah (BSU). Tapi lebih dari itu, soal kepastian status kepegawaian mereka. Karena kita sudah mendapat informasi, bahwa Pemkot lewat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) akan mengangkat kurang lebih 600 PPPK untuk jadi PNS. Dan katanya, guru yang akan diprioritaskan. Dengan demikian, kita sangat berharap itu. Bahwa bukan saja PNS, tapi yang honor juga perlu disejahterakan,” pinta Wacano, Rabu (23/12).

Pasca pemerintah membuka seleksi PPPK, kata Wacano, pihaknya langsung melakukan pemberkasan dan telah mengirim berkas ke Pemerintah Pusat (Pempus) lewat Dapodik sekolah. Sehingga secara administrasi, mereka telah siap. Tinggal menunggu informasi selanjutnya

“Sekolah kan hanya ikut apa yang diperintahkan. Jadi kalau disuruh kirim berkas, kita kirim. Tidak punya kewenangan untuk selanjutnya. Karena itu, sekalipun kita sudah kirim berkas, tapi kalau tidak ditindaklanjuti oleh pemerintah juga sulit. Tapi saya sangat yakin, pada saatnya, guru honorer ini mendapatkan apa yang menjadi hak mereka. Kita berdoa saja. Mudah-mudahan, banyak kebijakan yang diambil oleh pemerintah itu dapat direalisasikan. Intinya, kita berharap, kesejahteraan guru honorer ini juga diperhatikan,” harap Wacano. (LAM)

Comment