by

Kesiapan AN Terkendala IT

Kepala SD Alhilaal II Ambon, Fatima Abidin, mengaku sekolah yang dipimpinnya masih terkendala fasilitas dan peralatan Informasi dan Teknologi (IT), untuk kesiapan Asesmen Nasional (AN) nanti.

“AN dilaksanakan secara online. Otomatis, kesiapan TIK sangat dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan AN. Persoalannya, ketersedian perangkat IT berupa komputer itu masih sangat minim,” terang Fatima, kemarin.

Menurutnya, sekolah tidak bisa melakukan pengadaan IT, karena terbatas dari segi anggaran.

Untuk itu, dia meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon agar dapat melihat persoalan tersebut, guna membantu sekolah dalam proses kesiapan AN September mendatang.

“Kalau bisa ada bantuan bagi sekolah berupa komputer. Karena itu yang jadi kendala kita. Memang sekolah punya komputer, tapi hanya untuk urusan kerja sekolah saja. Tidak bisa untuk pelaksanaan AN,” katanya.

Soal kesiapan lainnya, kata dia, pasti sekolah menyiapkan. Salah satunya adalah soal kesiapan guru dan siswa.

“Di SD Alhilaal II, dua guru sudah ikut pelatihan. Selanjutnya, nanti guru melakukan pendampingan dan pelatihan bagi siswa yang akan ikut AN. Itu yang bisa kita siapkan. Yang terkendala adalah soal IT. Jadi sangat diharapkan ada bantuan dari pemerintah dalam membantu sekolah,” harap Fatima. (LAM)

Comment